Festival Purwakarta-Gianyar Ajang Inspirasi Warga

Festival Purwakarta-Gianyar Ajang Inspirasi Warga

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi

Purwakarta - Gelaran Festival Purwakarta - Gianyar di Alun-alun Purwakarta, Sabtu (14/3) malam, harus jadi ajang inspirasional bagi warga Purwakarta. Hak itu dikatakan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di sela gelaran tersebut.

"Warga Purwakarta harus banyak belajar dari orang Bali karena mereka menekuni kebudayaan dengan kesungguhan, perasaan dan spiritualitas yang tinggi sehingga melahirkan energi yang kuat," ujar Dedi di sela acara.

Dari kebudayaan itulah, lanjut Dedi, Bali kaya dengan berbagai produk kebudayaan seperti ekonomi, pariwisata hingga produk ekonomi alternatif. "Kalau hal serupa dilakukan di Purwakarta, tidak ada halangan lagi untuk maju, Apalagi Jabar alamnya bagus, tanahnya subur dan industrinya berkembang dengan pesat. Kalau kebudayaan dikembangkan dengan baik, maka Purwakarta atau Jabar akan jadi daerah yang maju," ujarnya.

Dedi mengatakan, ajang ini harus jadi inspirasi bagi warga Purwakarta, tidak sebatas agenda kebudayaan yang menghadirkan tontonan produk kebudayaan. 
"Bicara kebudayaan, Bali yang paling punya icon dan kami belajar pada orang Bali gimana cara menata kebudayaan. Ini harus jadi inspirasi karena kekayaan terbesar bangsa ini adalah kebudayaan," ujarnya.

Ia menambahkan, Bali digandeng pada agenda ini karena Bali merupakan icon budaya Indonesia dan sangat mendunia. Lalu dari segi budaya, Bali merupakan bagian dari saudara orang Sunda.

"Sebab, pernah ada Raja Bali yang pernah berasal dari Tanah Sunda. Saya sudah bicara dengan tokoh-tokoh Bali, dan sebagian yang dilaksanakan orang Bali adalah kebudayaan leluhur orang sunda yang pernah dilaksanakan orang Sunda," ujar Dedi. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:bandung,