Obama Sindir Lawan Politik Lewat Email

Obama Sindir Lawan Politik Lewat Email

Presiden Amerika Serikat Barack Obama.(Foto:Net)

Washington  - Presiden Barack Obama menyindir lawan-lawannya dari kubu Republik dalam pidato satir yang di dalamnya termasuk masalah yang tengah dihadapi mantan menteri luar negeri Hillary Clinton menyangkut email.

Obama hadir bersama Gubernur Wisconsin Scott Walker yang disebut-sebut bakal menjadi calon presiden kubu Demokrat pada Pilpres 2016 dan Gubernur Virgnia Terry McAuliffe dari kubu Demokrat dalam jamuan makan malam tahunan Gridiron.

Obama bercanda tentang reputasinya sebagai presiden melek IT yang kini dikalahkan mantan musuhnya dalam masa Pilpres lalu, Hillary Clinton, yang tengah disudutkan karena telah menggunakan akun email swasta (bukan akun resmi server pemerintah) saat bekerja sebagai menteri luar negeri dulu.

"Jika Anda berpikir mengenai betapa segala sesuatu telah berubah sejak 2008 yang saat itu saya adalah kandidat muda melek IT untuk masa depan. Kini saya adalah berita masa lalu dan Hillary punya server di rumahnya!  Saya sungguh ketinggalan zaman," kata dia sembari tertawa.

Walker juga bercanda soal kontroversi email Clinton itu yang dia kait-kaitkan dengan para donor Wall Street kaya raya.

"Saya bahkan punya email pribadi (server swasta) Hillary," kata Walker. "Anda tahu namanya?, hillaryclinton@wallstreet.com.

"

Walker menyindir bahwa guyonannya itu ditulis senator Demokat Elizabeth Warren yang terkenal sebagai pengecam Wall Street yang juga dianggap saingan Hillary Clinton sebagai kandidat calon presiden dari Demokrat.

Obama melanjutkan candaannya dengan mengaku telah mengambil foto selfie yang disebarkan untuk mempromosikan program asuransi kesehatannya, namun dia berpaling ke meja para senator Republik yang mengirimkan surat berisi peringatan mereka kepada Iran soal kesepakatan nuklir dengan Obama yang justru ingin dicapai Obama.

"Anda tak menggerogoti kekuasaan Anda hanya karena mengambil selfie. Anda justru menggerogoti kekuasaan dengan mengirimkan surat bertulisan buruk kepada Iran," kata Obama.

Obama juga menggambarkan Wakil Presiden Joe Biden mengenai kebiasaan berakrab-akrabnya. Biden dikritik luas setelah dia membisiki istri Menteri Pertahanan Ash Carter dengan mengalungkan tangannya ke bahu perempuan itu selagi sang suami dilantik.

"Joe juga memijat bahu saya," kata Obama.

Obama pernah menyindir Walker selagi kunjungan ke London mengenai apakah dia percaya pada teori evolusi.

"Saya sungguh percaya pada teori evolusi ketika itu menyangkut pernikahan sesama jenis," kata Obama, kembali diiringi tawa.

Obama menjadi mendukung pernikahan sesama jenis pada 2012 setelah bertahun-tahun dia gambarkan sebagai evolusi pribadi dalam pemikirannya mengenai perkara itu.

Yayasan dan Klub Gridiron, didirikan pada 1885, adalah organisasi wartawan paling tua di Washington. Keanggotaannya hanya dengan cara diundang, demikian Reuters.(Ode)**
.

Categories:Internasional,