Cuci Darah Gratis Cukup Perlihatkan KTP dan KK

Cuci Darah Gratis Cukup Perlihatkan KTP dan KK

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi saat mengunjungi RSUD Bayu Asih Purwakarta, Senin (16/3) - |BimaAdi

Purwakarta - Warga Kabupaten Purwakarta yang harus melakukan cuci darah boleh lega. Pasalnya, biaya cuci darah ditanggung sepenuhnya oleh Pemkab Purwakarta sejak 1 Januari 2014.

"Untuk pelayanan cuci darah gratis bagi warga Purwakarta, kaya dan miskin. Syaratnya hanya menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga," ujar Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta dr Agung Darwis di kantornya, Senin (16/3/2015).

Cuci darah yang biasanya dialami oleh penderita penyakit ginjal, membutuhkan biaya yang cukup besar hingga jutaan rupiah. Apalagi, itu harus dilakukan dua kali dalam seminggu.

"Besarnya biaya untuk cuci darah ini bisa mencapai Rp 1 juta hingga Rp 1.2 juta. Dan sejauh ini ditanggung Pemkab Purwakarta berjalan lancar," ujarnya.

Pelayanan cuci darah di RSUD Bayu Asih Purwakarta ini akan semakin maksimal dengan ditambahnya 12 mesin hemodialisa baru. Semula, mereka memiliki enam mesin hemodialisa dan kini ditambah 12 mesin baru.

"Sekarang nambah 12 secara bertahap untuk cuci darah. Kami sebelumnya memiliki 6 mesin hemodialisa jadi totalnya 18 mesin hemodialisa," ujarnya.

Semula, dengan enam mesin cuci darah, kata Agung, pihaknya melayani 12 pasien dalam sehari. Atau 72 pasien cuci darah selama seminggu.

"Tentu saja dengan menambah mesin hemodialisa pelayanan cuci darah semakin baik dan warga Purwakarta tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk cuci darah," katanya.(Ode).

.

Categories:Daerah,