Harga Beras di Jabar Turun pada Bulan April 2015

Harga Beras di Jabar Turun pada Bulan April 2015

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Jawa Barat Fery Sofyan menyatakan harga beras akan turun per April 2015.

"Jabar akan memasuki panen raya pada April 2015, stok beras akan meningkat. Dan dipastikan harga beras akan turun," kata Ferry Sofyan Arief ketika beraudiensi dengan mahasiswa Bandung yang menyampaikan aspirasinya di Gedung Sate Bandung, Senin (16/3/2015).

Fery menjelaskan, Pemerintah Jawa Barat sudah berupaya meningkatkan produktifitas padi di sentra Indramayu, Cirebon, Subang dan Karawang dan di sejumlah kantong pangan Jabar lainnya.

"Panen sedang dilakukan saat ini, jadi perkiraan bulan April harga beras turun," kata Fery.

Ia mengakui naiknya harga beras salah satunya juga disebabkan oleh pedagang beras yang nakal.

"Sejumlah oknum pedagang menyimpan berasnya, makanya harganya naik. Dengan adanya panen raya, pedagang akan menjual kembali berasnya," katanya.

Menurut Ferry, secara umum produksi pangan di Jabar meningkat setiap tahunnya dan secara umum Jabar sudah mampu berswasembada beras. Bahkan sebagian beras dari Jabar memasok kebutuhan daerah lain seperti Jakarta dan sejumlah daerah di luar Jawa.

"Produk beras Jabar tak hanya memenuhi kebutuhan warga Jabar, tapi juga memasok kebutuhan di luar Jabar," kata Ferry.

Sementara itu Kepala Bulog Jabar Alip Affandi menyatakan stok beras di gudang Bulog Jabar masih mencukupi untuk tiga bulan ke depan.

"Stok beras aman untuk tiga bulan ke depan, dan kami juga sudah menggelar operasi pasar di sejumlah daerah dalam rangka melakukan stabilisasi harga beras," kata Alip menambahkan.

Sementara itu sejumlah mahasiswa Bandung melakukan aksi unjuk rasa menuntut peningkatan produktivitas pangan di Jabar dan mendorong pemerintah untuk lebih pro kepada para petani guna mengamankan pangan nasional. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:ekonomi,