Gubernur Persilakan Bupati Tunjuk Wabup Bogor

Gubernur Persilakan Bupati Tunjuk Wabup Bogor

Bupati Bogor Nurhayanti

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mempersilakan Bupati Bogor Nurhayanti yang baru dilantik untuk mengajukan nama Wakil Bupati Bogor ke Kementerian Dalam Negeri.


"Kalau untuk mengisi posisi wakil bupati, silakan bupati definitif untuk mengajukan nama wakil bupati kepada Kementerian Dalam Negeri untuk ditetapkan Presiden RI melalui gubernur," kata Ahmad Heryawan, di Bandung, Senin (16/3/2015).

Pria yang akrab disapa Aher ini mengatakan saat ini pengajuan nama wakil kepala daerah tidak harus melalui legislatif.

"Kecuali untuk bupati dan wakil bupati yang terpilih dari pilkada langsung. Kalau plt (pelaksana tugas) di tengah jalan tidak harus," kata dia.

Pihaknya menyatakan tidak akan memproses lebih cepat jika tidak ada usulan lebih cepat dari Bupati Bogor definitif, terkait kekosongan jabatan Wakil Bupati Bogor.

"Supaya proses pelantikan wakil bupati nanti bisa terisi cepat dan tidak menimbulkan kekosongan jabatan wakil kepala daerah lebih lama, maka bupati definitif bersama partai pengusungnya harus sesegera mungkin mengusulkan pendampingnya itu," kata dia.

Ia juga mengatakan, apabila nanti sudah ditetapkan nama wakil bupatinya, maka yang akan melantik wakil bupati itu yakni bupatinya sendiri.

"Hal itu berdasarkan undang-undang yang baru tentang tata cara pelantikan kepala daerah berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015," kata dia.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melantik Nurhayati menjadi Bupati Bogor dalam sisa masa jabatan periode 2013-2018 di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Senin.

Pelantikan Nurhayati tersebut didasarkan pada Keputusan Menteri Dalam Negeri Dalam Negeri Nomor 131.32-526 Tahun 2015 tanggal 10 Maret 2015 tentang Pengangkatan Bupati dan Pemberhentian Wakil Bupati Bogor Provinsi Jawa Barat. (AY)
.

Categories:Daerah,
Tags:,