Gerhana Matahari Total Bakal Terjadi 20 Maret 2015

Gerhana Matahari Total Bakal Terjadi 20 Maret 2015

Ilustrasi.(Foto:Net)

New York -  Tanggal 20 Maret 2015 mendatang diperkirakan terjadi gerhana matahari total. Dalam kejadian itu beberapa daerah tertentu akan mengalami kondisi gelap selama beberapa menit, terutama di wilayah-wilayah Inggris.  
 
Seperti dikutip dari laman situs Ibtimes, Selasa (17/3) seperti halnya Kepulauan Faroe di Inggris misalnya, yang dipercaya bisa melihat kejadian gerhana matahari total selama 132 detik, atau sekitar dua menit 12 detik. Juga wilayah Skotlandia yang akan melihat sekitar 95 persen gerhana.  
 
Untuk wilayah lainnya, seperti London timur dan selatan akan melihat kejadian gerhana matahari tersebut sekitar 85 persen. Kejadian gerhana yang akan menimpa Inggris pada beberapa hari ke depan ini, kabarnya juga adalah kejadian yang bisa dilihat terbesar selama 16 tahun.  
 
Pemerintah setempat memperkirakan, akan banyak penduduknya yang mencoba untuk melihat fenomena alam tersebut. Namun diinstruksikan, untuk melihatnya agar menggunakan kacamata khusus, untuk melindungi terbakarnya retina mata, jika dilihat tanpa pelindung mata atau dengan mata telanjang.
 
Sementara itu, Lembaga Antariksa NASA mencatat, sinar pancaran Matahari hanya bisa dilihat langsung dengan filter, yang dirancang khusus untuk melindungi mata. Lapisan filter tersebut ditutupi oleh bahan sejenis kromium atau alumunium, sehingga bisa melemahkan pancaran radiasi inframerah.  
 
Sebuah filter pelindung mata, harus bisa mengirimkan kurang dari 0,003 persen, atau density sebesar 4,5 cahaya yang tampak (380 – 780 nm). Juga tidak lebih dari 0,5 persen atau density sebesar 2,3 dari jarak dekat radiasi langsung.  (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:antariksa,