Jabar Penyumbang Ekspor Terbesar bagi Indonesia

Jabar Penyumbang Ekspor Terbesar bagi Indonesia

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Kinerja ekspor Indonesia pada Februari 2015 mencapai 12,29 miliar dolar AS, di mana Provinsi Jawa Barat tercatat menjadi daerah penyumbang ekspor terbesar.

Menurut Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin, ekspor Jabar terutama ditopang oleh produk olahan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil - CPO). Total ekspor Jabar pada periode Januari hingga Februari lalu mencapai 4,15 miliar dolar AS.

"Jabar banyak ekspor ban, bagus juga itu produk olahan karet, kemudian printer dan mesin fotokopi, tintanya juga dari Jabar," ujar Suryamin di kantornya, Jakarta, Senin.
Daerah kedua terbesar penyumbang ekspor, yaitu Kalimantan Timur dengan total ekspor sebesar 3,5 miliar. dolar AS. "Ekspor Kaltim terbesar, adalah batubara dan LNG," tuturnya.

Kemudian, Jawa Timur sebagai penyumbang ekspor terbesar ketiga dengan  total ekspor sebesar 3,23 miliar dolar AS. Komoditas ekspor andalan daerah tersebut antara lain emas dan perhiasan. "Termasuk batu akik," ungkapnya.

Sedangkan daerah keempat, Suryamin melanjutkan, yakni Provinsi Riau. Daerah tersebut banyak mengekspor berbagai produk pertanian, salah satunya kelapa sawit. Total ekspor yang dihasilkan sebesar 2,47 miliar dolar AS.

"Sementara untuk yang kelima adalah DKI Jakarta, yang terbesar itu produk emas perhiasan. Kemudian, barang-barang kendaraan, spare part segala macam sampai mencapai nilai sebesar 1,83 miliar dolar AS," ujarnya. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,