Putri Anwar Ibrahim Nurul Izzah Dibebaskan Bersyarat

Putri Anwar Ibrahim Nurul Izzah Dibebaskan Bersyarat

Putri Anwar Ibrahim Nurul Izzah Dibebaskan Bersyarat

Kula Lumpur-Anggota parlemen Malaysia, Nurul Izzah -yang merupakan putri tokoh oposisi Malaysia yang ditahan, Anwar Ibrahim- dibebaskan dengan jaminan.
 
Dia ditangkap dan ditahan selama satu malam karena komentarnya atas keputusan Mahkamah Agung yang menguatkan vonis atas ayahnya terkait dakwaan sodomi.
 
Dengan keputusan tersebut, Anwar Ibrahim -yang pernah menjabat wakil perdana menteri di zaman Mahathir Mohamad- masuk penjara selama lima tahun.
 
Komentarnya itu disampaikan di parlemen, yang memicu kritik bahwa pemerintah menyalahgunakan kekuasaan untuk menekan pihak oposisi.
"Saya kira amat jelas penangkapan saya merupakan pelanggaran mencolok dari penyalahahgunaan kekuasaan inspektur jenderal kepolisian dan saya meminta pertanggungjawaban Perdana Menteri Najib Razak karena membiarkan pelanggaran atas parlemen," kepada para wartawan di Kuala Lumpur.
Nurul menegaskan sebagai anggota parlemen dia mendapat kekebalan konstitusi untuk mengangkat masalah sistem pengadilan di parlemen.
 
Amerika Serikat dan Inggris mengecam penangkapan atas Nurul, yang menjabat Wakil Ketua kubu oposisi Partai Keadilan Rakyat.
 
Keputusan Mahkamah Agung pada 10 Febaruari lalu menguatkan vonis atas Anwar Ibrahim dalam kasus sodomi dengan seorang mantan staf prianya tahun 2008.

Anwar berulang kali membantah dakwaan itu dan menuduhnya sebagai 'konspirasi politik' dari koalisi pemerintah Barisan Nasional yang sudah berkuasa di Malaysia sejak tahun 1957.(Ode)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,