Hindari Pelajar Jadi Begal Dibanyak Lomba antar Sekolah

Hindari Pelajar Jadi Begal Dibanyak Lomba antar Sekolah

ilustrasi. (Net)

Bandung- Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana   sengaja menambahkan kesibukkan siswa di Kota Bandung agar terhindar dari peluang menjadi begal. Kegiatan itu di antaranya latihan bela negara, pramuka, dan berkesenian. Anak usia pelajar, lebih menyukai hal-hal yang bersifat aktif yang masih mencari eksistensi pada pribadinya.“Kami sudah memerintahkan sekolah-sekolah untuk menambah aktivitas belajar baik akademis, mau pun non akademis,” ujar Elih, saat ditemu di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Bandung, Rabu (18/3/2015).

Saat ini Disdik Kota Bandung menambah jumlah perlombaan antar sekolah di Bandung. Di antaranya penyisihan Olimpiade Sains Nasional.

"Dengan diperbanyaknya jumlah lomba pelajar akan fokus pada perlombaan antar sekolah untuk mengisi waktu kosongnya. Mereka kelihatan lebih bergairah dalam belajar,” ujar Elih.

Sebelumnya, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Bidang Pendidikan, Susanto, mengatakan keterlibatan anak dalam tindak kejahatan jalanan dilatari banyak faktor. Perubahan usia pelaku begal yang belakangan banyak dilakukan pelaku berusia muda dan berstatus pelajar menunjukkan adanya pergeseran tren dan perubahan perilaku anak usia pelajar. 

Menurut Susanto pemicu utama dari pelaku begal ini adanya pengaruh teman sebaya dan pengaruh lingkungan sosial yang buruk. Keberadaan teman dan lingkungan sosial yang terbiasa melakukan tindak kekerasan menyebabkan anak usia sekolah terbawa pola yang ada di lingkungan tersebut.(Ode)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:,