Hasil UN Tak Mutlak Tentukan Kelulusan Siswa

Hasil UN Tak Mutlak Tentukan Kelulusan Siswa

Tahun lalu para siswa harus belajar mati-matian untuk menentukan kelulusan UN, selain di sekolah, perpustakaan, dan di rumah mereka terus belajar hadapi UN. (Foto : ADE)

Bandung – Hasil UN (Ujian Nasional) tahun ini agak berbeda dibanding tahun-tahun lalu. Pasalnya hasil UN tidak akan mempengaruhi 100 persen kelulusan murid, ketentuan seorang murid lulus atau tidaknya juga ditentukan oleh nilai rapot selama 3 tahun bersekolah, dan penilaian dari ujian sekolah.

 

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana, UN kali ini cukup berbeda dari UN tahun-tahun sebelumnya. Hasil UN nanti tidak akan menentukan lulus tidaknya seorang murid dari sekolah, kelulusan itu tergantung dari penilaian sekolah.

 

“Sekolah nanti yang menilai apakah seorang murid itu layak untuk lulus atau tidak. Bisa dilihat dari beberapa factor, seperti penilaian rapot dari kelas 1 hingga kelas 3, atau nilai dari ujian sekolah,” ucap Elih Sudiapermana di Plaza Balaikota, Jl. Wastukancana, Kota Bandung, Rabu (18/03/2015).

 

Elih menambahkan, jika hasil UN itu menentukan kelulusan seorang murid, maka para murid umumnya merasa UN adalah ujian berat. “Tahun lalu banyak murid merasa stres dan punya beban berat karena harus menjalani UN sebagai penentu kelulusan. Bahkan banyak murid pula yang frustasi karena gagal dan tidak lulus UN,” tambahnya.

 

Semoga dengan penilaian hasil UN yang berbeda dengan UN sebelumnya, para siswa bisa merasa enjoy dan nyaman dalam melaksanakan ujian. Penilaian seperti ini dirasa lebih bijak dan adil dalam menentukan kelulusan seorang murid. (Jr.)**

.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,