Timnas Perahu Kano Ikuti Empat Nomor di SEA Games

Timnas Perahu Kano Ikuti Empat Nomor di SEA Games

Ilustrasi.(Foto:Net)

Purwakarta  - Tim nasional perahu kano akan mengikuti empat nomor pertandingan dalam Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) 2015 di Singapura pada Juni mendatang.

"Kami menargetkan perolehan medali seperti pada SEA Games 2013 yaitu empat medali emas," kata pelatih tim pelatnas perahu kano Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) M. Suryadi kepada Antara di Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (19/3/2015).

Empat nomor itu adalah C1 200 meter putra, C2 1.000 meter putra, K1 500 mter putri, dan K1 200 meter putra.

Suryadi mengatakan tim nasional perahu kano akan masuk dalam tahap pelatihan persiapan khusus dengan mengoptimalkan kemampuan fisik dan teknik.

"Sebelumnya, kami menjalani pelatihan persiapan umum yang mengoptimalkan kemampuan individu," katanya.

Sebanyak 19 atlet putra dan 10 atlet putri menjalani pemusatan pelatihan nasional di Jatiluhur Purwakarta dengan empat pelatih nasional dan satu pelatih asing.

Pelatih nasional perahu kano selain Suryadi yaitu Masyhur, Vines Kambay, dan Dian Kurniawan. Sedangkan satu pelatih asing berasal dari Hongaria adalah mantan peraih medali emas perahu kano dalam Olimpiade 2000, Novak Ferenc.

Tim perahu kano Indonesia, menurut Suryadi, akan menghadapi persaingan ketat dengan tim tuan rumah Singapura, tim Thailand, dan tim Myanmar.

"Cabang perahu kano membutuhkan pelatihan berkelanjutan dengan mengoptimalkan atlet-atlet daerah," katanya.

Selain latihan fisik dan teknik, pelatnas perahu kano di Jatiluhur Purwakarta juga melatih mental para atlet dengan menjalani berbagai percobaan pelatihan.

"Para atlet membutuhkan banyak uji coba atau kompetisi untuk membentuk mental mereka," katanya.

Tim nasional perahu kano akan mengikuti uji coba dan pemusatan pelatihan di Portugal pada 28 Maret hingga 2 Mei.

SEA Games 2015 akan mempertandingkan 17 nomor pertandingan perahu kano dengan 12 nomor pertandingan sesuai standar pertandingan Olimpiade.(Ode)**

.

Categories:Olahraga,
Tags:,