DPRD Cimahi Waspadai Pungli di PSB

DPRD Cimahi Waspadai Pungli di PSB

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cimahi- DPRD Kota Cimahi mewaspadai kecurangan seperti adanya pungutan liar saat penerimaan peserta didik baru di sekolah negeri unggulan yang seringkali terjadi di tingkat SMP maupun SMA sederajat.


"Kami akan berupaya mencegah tindakan curang, atau pungli (pungutan liar) dalam penerimaan peserta didik baru tahun ini," kata Anggota Komisi IV DPRD Kota Cimahi Nurhasan kepada wartawan di Cimahi, Kamis (19/3/2015).

Ia menuturkan, pihaknya berencana membentuk tim khusus untuk mencegah tindakan pungutan liar dalam penerimaan siswa baru itu.

Tim tersebut, lanjut dia, juga mengawasi kecurangan pihak tertentu seperti pejabat atau seseorang yang memiliki kedekatan dengan sekolah untuk menitipkan anaknya ke sekolah unggulan tanpa melalui prosedur yang berlaku.

"Kami dari komisi IV akan membuat tim khusus, karena semua pihak juga tidak setuju kalau ada perilaku curang," katanya.

Ia berharap, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Pendidikan dalam proses penerimaan siswa dilakukan secara terbuka, menjunjung tinggi kejujuran.

Nurhasan juga berharap orangtua tidak terlalu ambisius sehingga menghalalkan segala cara termasuk melanggar norma agar anaknya dapat masuk sekolah yang diinginkan.

"Sejatinya proses pendidikan untuk anak membentuk karakter yang jujur, memiliki integritas, berakhlak, bertanggung jawab dan cerdas, bukan dengan cara salah," katanya. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:,