Layanan BPJS Kesehatan Lebih Buruk ketimbang Askes

Layanan BPJS Kesehatan Lebih Buruk ketimbang Askes

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ternyata lebih buruk jika dibandingkan dengan PT Askes. Penilaian tersebut disampaikan Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, dalam acara Polemik Sindo Trijaya dengan tema Mau Sehat Kok Repot di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (21/3). 
 
"Dalam catatan kami, pelayanan Askes justru lebih baik jika dibandingkan dengan BPJS Kesehatan, meski  masih ada minusnya," paparnya. Dewasa ini, pihaknya pun sudah membuka bilik aduan masyarakat yang dapat menginformasikan mengenai implementasi BPJS Kesehatan. "Banyak aduan yang mengeluhkan pelayanan BPJS Kesehatan, ada 82 aduan yang tidak puas," tegasnya.
 
Oleh karena itu,  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan itu diminta untuk segera memperbaiki di bidang pelayanan. Pasalnya, selama ini sesuai laporan dari masyarakat banyak terdapat keluhan pada pelayanannya, karena tidak memiliki standar pelayanan minimum (SPM).
 
"Layanan sampai hari ini masih tahap belajar, tidak harus seperti itu yang kita berikan kepada rakyat. Masak untuk rakyat coba-coba," tegas anggota Komisi IX DPR Irma Suryani pada acara yang sama. Seharusnya dengan sudah berjalanannya BPJS Kesehatan sudah mempunyai SPM. Selain itu, Irma juga menyoroti data bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI) pelayanan ini yang sudah sangat lama.
 
"Dengan adanya kartu BPJS Kesehatan bisa akses dan berobat baik. Itu kemudahan, namun data yang digunakan BPJS atau Menkes itu Badan Pusat Statistik (BPS) 2011, enggak update dan enggak diubah hari ini," paparnya .Dengan datanya yang sudah lama, hal tersebut menjadi masalah karena menyebabkan pembiayaan PBI menjadi besar. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:,