Pengembangan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Capai 60 Persen

Pengembangan Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Capai 60 Persen

Sejumlah orang berjalan kaki di M1 yang mengarah ke bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (07/10). Angkasa Pura 2 secara resmi telah menutup pintu akses menuju bandara di M1 terkait pembangunan stasiun kereta api bandara, dan mengalihkan kenda

Tangerang - Pembangunan pengembangan Terminal 3 Ultimate di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, saat ini sudah mencapai 60 persen.

Manajer Humas dan Protokoler Bandara Soekarno-Hatta, Yudis Tiawan di Tangerang, Kamis (09/10/2014) mengatakan, pembangunan ditargetkan selesai pada Juli 2015 mendatang.

"Pengembangan sudah mencapai 60 persen terdiri dari pembangunan fisik dan infrastruktur jalan," kata Yudis Tiawan.

Dijelaskannya, pengembangan terminal 3 meliputi penambahan Baggage Handling System (BHS) yakni pendistribusian tas bagasi yang lebih aman menggunakan sistem komputer.

Dengan begitu, maka tidak akan ada lagi antrean karena setiap bagasi dilengkapi barcode dan menuju sesuai lokasinya atau pemiliknya.

Sehingga, dengan adanya sistem tersebut akan meminimalkan "tikus bagasi" dan kehilangan barang saat proses berjalan. "Kehilangan barang akan sangat kecil terjadi," ujarnya.

Lalu, pembangunan fly over keberangkatan dimaksudkan untuk kereta tanpa awak yang menghubungkan antarterminal selain menggunakan busr. "Kita gunakan 'automatic people mover system'," katanya.

Pengembangan terminal 3 ultimate tersebut nantinya akan menambah kapasitas penumpang yang mencapai 25 juta penumpang.

Oleh karena itu, pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta akan terus ditingkatkan dalam memberikan kenyamanan kepada penumpang.

Apalagi, sebagai bandara internasional, jumlah penumpang setiap tahunnya terus mengalami penambahan dan harus juga diimbangi dengan kapasitas yang ada.

"Maka itu, pengembangan kita lakukan secara bertahap agar kenyamanan dan keamanan penumpang di bandara terasa nyaman," paparnya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,