Polri Terus Ungkap Dalang Kericuhan di Balaikota

Polri Terus Ungkap Dalang Kericuhan di Balaikota

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F. Sompie. (Foto: Net)

Jakarta - Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F. Sompie mengatakan, Polri berupaya mengungkap dalang di balik unjuk rasa ormas Front Pembela Islam (FPI) di Gedung Balai Kota dan DPRD DKI Jakarta, Jumat (03/10/2014), yang berakhir ricuh.

"Kita berupaya mengungkap kasus ini serinci mungkin. Mastermind-nya akan diungkap. Mohon sabar dan percaya pada Polda Metro Jaya," katanya di Jakarta, Kamis (09/10/2014).

Menurut dia, pihak penyidik tengah berupaya mengungkap perbuatan pelaku pada insiden tersebut, baik sebelum terjadinya demonstrasi maupun setelah kericuhan pecah.

Polisi juga masih memeriksa Habib NV yang pada Rabu (08/10/2014) menyerahkan diri ke polisi. Pemeriksaan NV dikonfirmasi dengan hasil keterangan beberapa saksi dan para tersangka yang lain.

Dalam insiden tersebut, menurut Ronny ada beberapa kategori tersangka pelaku yakni pelaku perusakan, pelaku penganiayaan, orang yang turut membantu perusakan dan penganiayaan serta dalang insiden.

Untuk mengungkap dalang insiden tersebut, kepolisian berfokus pada penyidikan berdasarkan keterangan saksi, bukti petunjuk serta keterangan ahli kedokteran forensik.

Pihaknya belum memastikan para tersangka tersebut akan dikenakan pasal penghasutan atau SARA. "Kita lihat bukti-bukti yang diperoleh apakah memperkuat pasal pidana yang mana," katanya.

Sebelumnya tersangka Habib NV yang masuk daftar pencarian orang (DPO) terkait aksi massa FPI dalam bentrok di Balai Kota dan Gedung DPRD DKI Jakarta akhirnya menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (08/10/2014) sore. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:kriminal,