100 Ton Tinja Dibuang ke Citarum Wagub Jabar Prihatin

100 Ton Tinja Dibuang ke Citarum Wagub Jabar Prihatin

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Untuk mengingatkan kita akan pentingnya air, maka ditetapkan Hari Air Dunia (World Water Day) setiap tanggal 22 Maret.

Berkaitan dengan hari air, Wagub Jabar Deddy Mizwar mengungkapkan betapa pentingnya peranan air dalam kehidupan, bahkan tubuh kita sendiri yang sebagian besar terdiri dari air.

Menurutnya, banyak bencana yang mengancam hanya karena tidak memperhatikan air.

"Bencana-bencana akan banyak terjadi jika tidak memperhartikan air dalam setiap pembangunan," ungkapnya  saat peringatan HAD di Cikapundung Promenade Babakan Siliwangi Bandung, Minggu (22/3/2015).

Selain itu, Wagub Deddy juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan khususnya air, termasuk untuk tidak membuang limbah ke sungai.

"Dengan munculnya banyak industri pabrik yang tidak terkendali, penyedotan air tanah secara besar-besaran, alih fungsi lahan penyerapan yang semakin meluas, dapat menyebabkan masyarakat banyak kekurangan air,' jelasnya.

Deddy mengungkapkan, ada sekitar 100 ton tinja manusia yang dibuang ke sungai Citarum per harinya, akibat masih banyaknya warga yang belum memiliki kakus. Karenanya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus membantu pembangunan MCK masyarakat, sehingga tidak akan lagi mencemari sungai.

"Dihitung rata-rata 4 kilogram tinja per orang setiap harinya, jika dijumlah sesuai banyaknya warga yang tidak memiliki MCK, totalnya bisa mencapai 100 ton tinja. Itu belum termasuk limbah kotoran hewan dan sampah," pungkasnya.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,