Kementerian PU Targetkan Membangun 49 Waduk

Kementerian PU Targetkan Membangun 49 Waduk

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono. (Foto : ADE)

Bandung – Untuk menampung miliaran kubik air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, berencana  membangun 49 waduk baru di Indonesia. Pada tahun 2015, ditargetkan bisa membangun 13 waduk.

 

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, waduk yang ada saat ini hanya bisa menampung sebanyak 15 miliar kubik air. Dari situ bisa dihasilkan air baku untuk irigasi dan air minum hanya sebesar 11 persen.

 

“Adanya penambahan 49 waduk  diharapkan bisa meningkatkan daya tampung air, dan menghasilkan air baku lebih banyak. Peningkatkan air baku bisa menjadi 20 persen, sedangkan daya tampung bisa naik jadi 17 miliar kubik,” cetus Basuki Hadimuljono di sela acara seminar nasional di Aula Barat ITB, Jl. Ganesha, Kota Bandung, Senin (23/03/2015).

 

Untuk pembangunan waduk, lanjutnya awalnya akan dilakukan pembangunan sebanyak 13 waduk mulai 2015. “Sebanyak 13 waduk itu menganggarkan investasi Rp 9 triliun. Pembangunan waduk umumnya memakan waktu hingga 4 tahun, tergantung proses pembebasan lahan,” tambahnya. (Jr.)**

 

.

Categories:Bandung,