Indonesia Siap Menghadapi Kasus Cyber Crime

Indonesia Siap Menghadapi Kasus Cyber Crime

Indonesia Siap Menghadapi Kasus Cyber Crime. (Foto:Net)

Bandung -   Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom Indra Utoyo menjawab kesiapan Indonesia dalam sisi infrastruktur dan tekhnologi untuk menghadapi kasus kasus Cyber Crime. Menurutnya dalam waktu dekat, Telkom tengah menyiapkan pengoperasiaan data center di wilayah NKRI seluas 1000m2, yang didukung oleh program Indonesia Digital Network 2015.

Dalam hal ini Telkom telah  berkomitmen, membangun jaringan backbone berbasis serat optik maupun internet protocol (IP) dengan menggelar 30 node Terra Router, dan sekitar 75000 Km kabel serat optik.

"Dengan kesiapan infrastruktur dan infostruktur ini, Telkom siap menjadi hubber dari trafik internet, yang merupakan kunci dari monitoring lalu lintas informasi di Indonesia. Namun, semuanya tergantung policy dan regulasi pemerintah," ungkapnya kepada wartawan di Gedung Aula Barat ITB, Jalan Ganesha Kota Bandung, Kamis (9/10/2014).

Sedangkan Pakar Security nasional, Budi Rahardjo menjelaskan, SDM tetap menjadi kunci dalam masalah tersebut.

"Monitoring internet dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang tidak kecil. Diperkirakan Indonesia membutuhkan 7000 Ahli IT Security, dan saat ini jumlahnya masih jauh dari yang dibutuhkan," tutur Budi .(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,