Warga Sambut Jenazah Lee di Istana Kepresidenan

Warga Sambut Jenazah Lee di Istana Kepresidenan

Warga Singapura menyambut kedatangan jenazah Lee Kuan Yew, yang tiba di istana kepresidenan.(Foto:Detik)

Singapura  -  Warga Singapura menyambut kedatangan jenazah Lee Kuan Yew, yang tiba di istana kepresidenan, Senin (23/3) sore. Jenazah dibawa sebuah mobil Mercedes Benz berwarna putih. 

Dilansir dari AFP, iring-iringan jenazah mantan Perdana Menteri Singapura itu dikawal sedikitnya oleh puluhan mobil polisi. Saat melihat mobil jenazah, warga yang sudah lama menanti meneriakkan, "Tuan Lee! Tuan Lee!" 

Salah seorang manajer toko June Tay Mae Sann mengaku, dirinya menyempatkan diri ke istana sejak siang. "Saya bekerja di dekat sini. Namun meski bekerja jauh dari sini itu bukan masalah besar, karena Tuan Lee telah membangun negara saya dari awal," katanya. 

Kendati sebagian besar warga Singapura sudah bersiap atas berita kematian Lee Kuan Yew, "rasanya sangat berbeda saat itu benar-benar terjadi," lanjut Tay, sambil meneteskan air mata. 

Lee Kuan Yew meninggal dunia di Singapore General Hospital, Senin pukul 03.16 waktu setempat pada usia 91 tahun. Lee sudah dirawat sejak awal Februari 2015 lalu, akibat penyakit radang paru-paru atau pneumonia. 

Sejumlah petinggi dunia telah mengungkapkan rasa dukanya. Presiden Amerika Serikat Barack Obama misalnya, menyebut Lee Kuan Yew sebagai raksasa sejarah sejati yang merupakan seorang ahli strategi di Asia. 

PM Inggris David Cameron dan PM Australia Tony Abbott sama-sama mengatakan, banyak petinggi negaranya belajar banyak dari nasihat bijak Lee Kuan Yew. Sementara PM India Narendra Modi menilai Lee Kuan Yew sebagai 'singa' di kalangan pemimpin dunia. 

Sementara Presiden Tiongkok Xi Jinping menganggap, Lee Kuan Yew sebagai sahabat lama warga etnis Tiongkok. Serta Presiden Jokowi menyebut Lee Kuan Yew sebagai sahabat dekat Indonesia. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:obituary,