Mak Inu dari Purwakarta Berusia di Atas Satu Abad

Mak Inu dari Purwakarta Berusia di Atas Satu Abad

Mak Anami, nenek tua asal Purwakarta yang diyakini berusia se abad.(BimaAdi)

Purwakarta - Percayakah Anda, di Purwakarta, tepatnya di Kampung Bungur Sarang Desa Cisarua Kecamatan Tegal Waru, hidup seorang nenek tua berusia satu abad lebih. Dia bernama Mak Animu dan tinggal bersama dua anaknya, Mak Ara (70) dan Mak Imin (55).

Dalam KTP yang sudah usang, pada kolom lahir tertulis angka mirip 1875 atau 1855. Tidak bisa dipastikan karena memang tulisannya sudah pudar.

Namun, jika melihat keturunannya, bisa saja Mak Inu, panggilan akrabnya memang berusia lebih dari satu abad. Ia sempat menikah dan dikarunia dua orang anak.

"Tapi semuanya meninggal karena sempat ikut perang kemerdekaan," ujar Mak Inu di kediamannya, Senin (23/3/2015).

Lantas, iapun kemudian menikah lagi. Dengan suami keduanya, ia dikarunia tujuh orang anak. Tiga diantaranya sudah meninggal.

"Mak Ara, itu nama anak saya yang masih hidup dan kini usianya 70 tahun. Dia anak ke empat dari suami saya yang kedua," ujarnya.

Lantas bagaimana bisa ia hidup selama itu. Tidak banyak kiat yang ia ceritakan.

 "Saya enggak pernah banyak pikiran, enggak pernah makan makanan yang haram, shalat dan sering baca QS Al Fatihah dan Al Ikhlas," ujar Mak Inu.

Mak Ara mengatakan dalam kesehariannya, ibunya itu beraktifitas seperti biasa. Masih bisa berdiri dan berjalan namun pendengarannya terganggu. Ia pun yakin ibunya sudah berusia satu abad lebih.

"Umur ibu saya itu bisa dibuktikan dengan mengecek seluruh keturunannya. Anak-anak Mak Yuyut semua sudah tua, bahkan meninggal sebagian," kata Mak Ara.

Selain masih sehat, Mak Inu pun kata Mak Ara, masih bisa menjahit dan menenun. Bahkan, ia sering dimintai tolong untuk mengobati orang sakit, seperti mengurut dan membuat obat tradisional.

"Ya, ibu saya punya keahlian itu, upahnya orang ngasi alakadarnya aja. Ya lumayan buat tambahan makan Mak Yuyut,"ujarnya.(Ode)**

.

Categories:Unik,
Tags:unik,