Pemkab Garut Optimalkan Angdes

Pemkab Garut Optimalkan Angdes

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung - Pemerintah Kabupaten Garut, segera mengoptimalkan mobil angkutan desa (angdes) di lintas selatan Jawa Barat untuk menunjang kebutuhan masyarakat terhadap angkutan massal antar-daerah pesisir pantai itu.


"Kita akan mencoba mengoptimalkan mobil-mobil rintisan di selatan sebagai angkutan desa untuk angkutan massal bagi warga maupun wisatawan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut Wahyudijaya melalui telepon seluler, Senin (23/3/2015).

Ia menuturkan, angkutan massal yang masih beroperasi di wilayah selatan Garut hanya kendaraan mini bus jenis elf.

Namun kendaraan umum yang sudah ada itu, lanjut dia, aksesnya tidak melewati jalur sepanjang lintas selatan Jabar.

"Angkutan jenis elf, kita ada, tapi kita belum masuk ke akses jalan lingkarnya, mudah-mudahan kedepan bisa," katanya.

Menurut dia, keberadaan angkutan massal di jalur selatan Jabar itu sebagai penunjang mendorong pariwisata yang disuguhkan di kawasan itu.

"Jadi nanti, Rancabuaya sebagai destinasi wisata harus ada angkutan umum ke objek-objek wisata lainnya," kata Wahyu.

Ia menambahkan, jalan di kawasan Garut lintas selatan Jabar sudah bagus dan layak untuk dilintasi mini bus maupun bus ukuran besar.

Ia berharap, organisasi angkutan darat (organda) sebagai mitra dapat mendorong program pemerintah untuk mengoperasikan angkutan umum di jalur itu.

"Infrastruktur sudah bagus untuk angkutan massal, prospeknya juga bagus karena menghubungkan daerah lain, seperti Cianjur, Tasikmalaya dan Pangandaran," katanya. (AY)
.

Categories:Daerah,
Tags:,