Tiga Rumah di Cianjur Diterjang Longsor

Tiga Rumah di Cianjur Diterjang Longsor

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cianjur - Tiga rumah milik warga di Kampung Jati, Desa Cikahuripan, Kecamatan Gekbrong, Cianjur, Jabar, rusak berat akibat bencana alam longsor yang disertai hujan lebat, Minggu malam (22/3/2015).


Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi ke tempat yang dinillai aman karena takut longsor susulan terjadi.

Kepala Desa Cikahuripan, Irwan Setiawan, di Cianjur, Senin (23/3/2015), menjelaskan, peristiwa yang sempat membuat warga sekitar panik berawal ketika hujan turun dengan intensitas tinggi, Minggu malam. Akibatnya perkampungan yang terletak diantara perbukitan dan tebing itu, sempat tergenang banjir.

Selang beberapa saat air bah membuat tebing dibagian belakang perkampungan ambruk dan menghatam rumah seorang warga hingga ambruk dan bangunan tersebut kembali menghantam dua rumah warga lainnya.

"Tiga rumah yang hancur diterjang longsor masing-masing milik Sobini (40), Aidin (39) dan Oyat (50). Beruntung saat kejadian, sekitar 20 orang yang menghuni tiga rumah warga itu berhasil menyelamatkan diri terlebih dahulu," katanya.

Sebelum ketiga rumah ambruk, pihak desa dan warga sempat memperingati pemilik rumah dan keluarganya untuk segera mengungsi karena takut bencana alam terjadi. Sehingga ketika rumah tersebut, dihantam material longsor, penghuni terlebih dahulu telah menyelamatkan diri ke tempat aman.

"Semua penghuni rumah yang terkena longsor, telah mengungsi ke rumah sanak saudaranya. Kami telah melaporkan kejadian tersebut ke Pemkab Cianjur dan BPBD Cianjur, harapan kami warga yang terkena bencana mendapat bantuan," katanya.

Hingga saat ini, tambah dia, pihaknya masih mendata kerugian akibat bencana alam tersebut, dimana diperkirakan kerugian mencapai Rp, 100 juta."Kami baru menghitung bangunan dan sejumlah fasilitas umum yang rusak," katanya.

Sementara terkait bencana alam yang terjadi disejumlah wilayahnya, pihaknya desa jauh-jauh hari telah mengimbau warga yang tinggal disejumlah wilayah rawan bencana untuk segera mengungsi jika hujan turun lebat disertai hujan. (AY)
.

Categories:Daerah,
Tags:,