Situs Nikah Siri Online Ternyata Masih Bisa Diakses

Situs Nikah Siri Online Ternyata Masih Bisa Diakses

Ilustrasi.(Foto:Net)

Yogyakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengakui, sulit memblokir situs berisi konten negatif sehingga beberapa situs yang menyediakan jasa nikah siri secara online ternyata masih aktif hingga Senin ini.


Rudi sebelumnya sudah memblokir sembilan situs nikah siri secara online.  Namun situs itu memang tidak bisa diakses melalui perangkat mobile, tapi tetap aktif bila diakses melalui PC.

"Akhir pekan lalu sudah diblokir. Saya tidak bisa memprediksi berapa lama waktu untuk memblokir semua situs itu. Karena kami harus meminta bantuan pihak ketiga yakni Internet Service Provider (ISP), atau perusahaan pemberi jasa internet ke masyarakat," kata Rudiantara, Senin (23/3).

Menurutnya, setiap situs berkonten negatif memiliki proses memakan waktu yang berbeda untuk memblokirnya. Itu bergantung pada kesulitan keyword situs. "Mulai dari aduan, proses dan waktunya bermacam-macam. Ada yang hitungan jam seperti video ISIS. Atau konten pornografi karena keywordnya mudah dilacak sistem. Tapi kalau nikah siri online keywordnya sulit, tidak umum," aku Rudi.

Sedangkan roses pemblokiran situs nikah siri online, lanjutnya memang tidak bisa selesai secara serempak karena kedua perangkat memiliki ISP berbeda. "ISP kita ada banyak. Prosesnya masih manual. Jadi begitu ada aduan,kami langsung teruskan ke masing-masing ISP. Mungkin yang pakai kabel ke rumah dan kantor belum terblokir. Tapi yang pakai provider telepon genggam sudah," tambahnya. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:,