Sembilan Pelajar Inggris Jadi Tenaga Medis ISIS

Sembilan Pelajar Inggris Jadi Tenaga Medis ISIS

Sembilan Pelajar Inggris Jadi Tenaga Medis ISIS

London -  Empat pelajar perempuan dan lima laki-laki telah melakukan perjalanan ilegal dari Inggris menuju Suriah. Mereka diyakini bekerja di rumah sakit yang menjadi daerah kekuasaan ISIS.
 
Menurut laporan salah satu pengamat, kesembilan pelajar itu berusia sekitar 20 tahun. Mereka diketahui memiliki darah keturunan Sudan, namun lahir dan dibesarkan oleh keluarganya di Inggris.
 
 
Mereka dilaporkan telah menyeberang ke perbatasan Turki-Suriah pada pekan lalu.
 
"Dipastikan mereka menyeberang ke perbatasan Turki-Suriah. Saya rasa ada berbagai pihak yang menipu dan mencuci otak mereka,” kata  politisi oposisi Turki, Mehmet Ali Ediboglu kepada harian Inggris Sunday British.
 
"Saya menduga saat ini mereka berada di Kota Tel Abyad, Suriah, yang juga menjadi daerah kekuasaan ISIS. Konflik di kota itu sangat sengit, sehingga saya yakin bantuan medis akan sangat dibutuhkan,” lanjutnya.
 
Seperti dikutip Sputnik, Senin (23/3), seorang sumber dari pemerintah Inggris melaporkan, pihaknya menjamin kesembilan pelajar itu tidak akan menghadapi proses pengadilan jika kembali ke Inggris. Terutama selama mereka bisa membuktikan tidak terlibat dalam pertempuran apapun di Suriah.
 
Turki diketahui menjadi akses yang paling dekat menuju Suriah. Kota-kota seperti Gaziantep dan Kilis, diketahui sangat dekat dengan perbatasan Suriah. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:isis,