Menag Lepas Pemulangan Pertama Jamaah Haji

Menag Lepas Pemulangan Pertama Jamaah Haji

Menag Lepas Pemulangan Pertama Jamaah Haji. (Foto: Net)

Mekah - Menteri Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin melepas kepulangan pertama jamaah haji Indonesia dari Arab Saudi ke Tanah Air, di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, pukul 05.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Kelompok terbang (kloter) yang pertama pulang ke Tanah Air adalah kloter 1 dari Embarkasi Padang dengan jumlah jamaah 450 orang.

Jamaah diterbangkan dengan maskapai Garuda Indonesia Airlines pukul 08.20 WAS. Ratusan jemaah ini diperkirakan akan tiba di Embarkasi Padang pukul 21.00 WIB.  Jamaah sudah diberangkatkan sejak pukul 00.20 WAS dari Mekah. Di Bandara King Abdul Aziz, selain beristirahat dan mengisi perut mereka juga membongkar kembali barang bawaannya karena melebihi kapasitas.

Menteri Agama meminta jamaah yang telah melaksanakan haji tetap menjaga kemabrurannya di Tanah Air nanti. Kloter ini sebelumnya berangkat dari Mekah dengan 10 unit bus. 

Ketua Sektor E, Suratman Sakrama Rakiyo mengatakan jamaah yang akan kembali ke Tanah Air berjumlah 450 orang dari sebelumnya 452 orang. "Satu orang masih dirawat di RS Arab Saudi, sedangkan satu jamaah lain wafat atas nama Syamsiar binti Udin," katanya.

Sementara itu, Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kloter Padang 01, Decki Harmiko dari Pasaman Barat, mengatakan perasaan jamaah bercampur aduk menjelang pemulangan. "Bercampur perasaan kami. Antara sedih dan senang. Sedih karena harus berpisah dengan Masjidil Haram. Senang karena akan bertemu kembali dengan keluarga. Manusiawi lah," katanya sambil tersenyum.

Selain Kloter 1 Padang, hari ini masih ada sepuluh kloter lain dari berbagai embarkasi yang akan dipulangkan ke Tanah Air. (Jr.)**

.

Categories:Nasional,
Tags:haji,