Jalan Rusak Karena Berat Beban Melebihi

Jalan Rusak Karena Berat Beban Melebihi

ilustrasi. (Net)

Bandung - Sering rusaknya jalan raya di Jawa Barat disebabkan oleh tonase kendaraan berat yang melebihi ambang batas. Bahkan sebuah kendaraan bisa mengangkut tonase melebihi 5 kali berat normal yang dianjurkan.
Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, jalan rusak di Jawa Barat disebabkan karena truk bertonase tinggi.

"Truk yang seharusnya membawa 8 ton harus dipaksakan membawa 40 ton, ini terlihat tonasenya begitu berlebihan. Tak aneh jika jalan yang baru diperbaiki kurang dari satu tahun sudah rusak lagi karena sering dilalui mobil berat," papar Ahmad Heryawan di Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Selasa (24/03/2015).

Untuk mengatasi masalah tonase memang perlu solusi tepat, soalnya keefektifan jembatan timbang dalam membatasi tonase truk tidak seimbang.

"Pengusaha banyak melakukan pemuatan barang yang melebihi tonase dengan alasan memperirit biaya distribusi dan logiostik, jika di batasi oleh pemerintah, mereka menilai akan menambah biaya distribusi logistik yang menyebabkan kenaikan harga barang di masyarakat. Sedangkan jika didiamkan, maka kerusakan jalan akan semakin parah," cetus Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan.

Agar permasalah tonase dan kerusakan jalan bisa diatasi dengan baik, sebaiknya pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum membuat tehnik dan cara baru agar pembangunan infrastruktur jalan raya bisa lebih kuat lagi meskipun dilalui berbagai kendaraan berat dengan tonase berlebih. Kementerian Pekerjaan Umum harus memberikan anggaran lebih pada pembangunan jalan yang sering dilalui kendaraan berat.(Ode)**

.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,