Harga Bawang Merah di Cimahi Naik

Harga Bawang Merah di Cimahi Naik

Cimahi - Harga bawang merah di pasar tradisional Kota Cimahi, Jawa Barat, naik 100 persen dari harga normal Rp16 ribu per kilogram (kg).


"Sekarang harga bawang (merah) Rp32 ribu per kilogram dari harga normalnya Rp16 ribu," kata Oyib pedagang sayuran dan bawang di Pasar Atas Baru, Kota Cimahi, Selasa (24/3/2015).

Ia menuturkan, kenaikan harga bawang itu terjadi secara bertahap sejak dua pekan lalu mulai dari Rp20 ribu, kemudian Rp25 ribu hingga sekarang Rp32 ribu per kg.

Menurut dia, kenaikan itu disebabkan kurangnya pasokan dari daerah pemasok sepeti Brebes, Jawa Tengah dan daerah lainnya.

Biasanya, lanjut dia, faktor cuaca tidak menentu menjadi penyebab menurunnya produksi panen bawang, sehingga harga menjadi naik.

"Faktor anomali cuaca yang saat ini terjadi berpengaruh pada naiknya harga bawang," katanya.

Kenaikan harga bawang merah juga terjadi di Pasar Cimindi dari Rp20 ribu menjadi Rp30 ribu per kg sejak sepekan.

Pedagang di Pasar Cimindi Mumuh mengatakan kenaikan harga tersebut berdampak menurunnya pendapatan akibat pembeli mengurangi pembelian bawang merah dari biasanya.

"Ya berpengaruh pada pendapatan jadi menurun, karena banyak pembeli mengeluh, hingga mengurangi pembelian bawang," katanya. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:,