Penumpang Germanwings dari Turki, Jerman dan Spanyol

Penumpang Germanwings dari Turki, Jerman dan Spanyol

Ilustrasi.(Foto:Net)

Paris - Sedikitnya 45 warga Spanyol ikut menumpang pesawat nahas berbiaya murah, Germanwings, ketika jatuh pada Selasa ini di area Pegunungan Alpen, Perancis. Menurut otoritas berwenang Spanyol, dua penumpang di antara 45 orang itu merupakan bayi. 

Sementara harian Inggris The Telegraph, melansir saat ini Kementerian Luar Negeri Perancis tengah bekerja bersama dengan otoritas lokal, untuk bisa memperoleh informasi mengenai asal kewarganegaraan para penumpang pesawat jenis Airbus A320 itu. Selain warga Spanyol, penumpang banyak yang berasal dari Jerman dan Turki. 

Dugaan lain menyebut sebanyak 20 pelajar asal Jerman ikut menumpang pesawat itu. Mereka bagian dari program pertukaran dari kota di negara bagian Catalan, Liners del Valles. Penumpang lain diduga merupakan turis asal Jerman, yang ingin kembali usai berkunjung ke Barcelona dan Majorca.  

Menurut Presiden Prancis, Francois Hollande, tidak ada penumpang yang selamat dalam kecelakaan itu. Dia berpendapat itu karena jika dilihat dari kondisi kecelakaan, tidak ada petunjuk yang mengarahkan kemungkinan penumpang selamat.  "Ini merupakan sebuah tragedi di tanah kami," tegas Hollande. 

Peristiwa itu menjadi kecelakaan pesawat udara terparah yang dialami Perancis. Terakhir, mereka ditimpa kecelakaan besar lainnya di tahun 2000 lalu, ketika pesawat Concorde Air France jatuh usai lepas landas di Paris. Kecelakaan itu menewaskan 113 penumpang. 

Kesimpulan Hollande menguat ketika dua helikopter gendarmerie yang terbang di atas lokasi kecelakaan melihat kondisi bangkai pesawat. Menteri Transportasi Perancis, Alain Vidalies menyebut terdapat bangkai pesawat dan jasad para penumpang di area itu.

Menteri Dalam Negeri Perancis, Bernard Cazeneuve menyatakan, puing pesawat ditemukan di ketinggian 6.500 kaki. Pesawat dengan nomor penerbangan 4U 9525 telah berusia 24 tahun dan kerap digunakan untuk penerbangan antara Inggris, Spanyol, Austria dan Jerman. 

Kini, keluarga penumpang dan kru kabin telah berkumpul di bandara di Barcelona dan Duesseldorf, untuk memperoleh kabar terbaru mengenai kecelakaan itu. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,