BNNP Yogyakarta Ungkap Sindikat Jaringan Narkoba Internasional

BNNP Yogyakarta Ungkap Sindikat Jaringan Narkoba Internasional

sabu sabu (Foto :Net )


Yogyakarta - Badan Narkotika Nasional Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis, menangkap pengedar narkoba asal Nigeria Mz alias Bob (39) di wilayah Gamping, Kabupaten Sleman.

"Bob merupakan sindikat jaringan peredaran narkoba internasional. Ia ditangkap di kos-kosannya di daerah Gamping, Sleman," kata Deputi Pemberantasan BNN, Deddy Fauzi Elhakim di Yogyakarta, Kamis (09/10/2014).

Menurut dia, penangkapan Bob ini berkat pengembangan dari tertangkapnya tiga kurir yang membawa enam kilogram sabu.

"Dari tiga kurir yakni Js, Y, dan K diperoleh pengakuan bahwa mereka mendapat sabu dari Bob. Mereka ditangkap BNN pusat di perumahan Citra Grand Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (08/10/2014)," katanya.

Tiga kurir narkoba tersebut tersebut di operatori oleh Bob. BNNP DIY kemudian menindaklanjuti dengan melakukan penangkapan terhadap Bob Kamis siang sekitar pukul 12.00 WIB.

"Dalam pemeriksaan Bob mengaku bahwa barang itu rencananya akan dipasol ke beberapa daerah di Indonesia, termasuk Yogyakarta. Selain itu, barang juga rencananya akan dikirim ke Timor Leste," katanya.

Deddy mengatakan, ketiga kurir itu sempat lolos dari pengawasan Bandara Soekarno Hatta. Sabu seberat enam kilogram yang dibawa kurir itu sebelum masuk ke Indonesia, terlebih dulu melewati Guangszhou, Malaysia, dan pintu masuk melalui Kalimantan.

"Bob merupakan sindikat Internasional. Dia juga merekrut kurir dari berbagai negara sesuai rute yang dilalui barang tersebut," katanya.

Ia mengatakan, Bob mendapat barang itu dari Nigeria. Sedangkan Bob yang sudah tinggal selama enam tahun di Indonesia ini, pernah bermain disalah satu klub sepakbola Indonesia pada 2005/2006.

"Dua kurir Bob juga ditangkap di Timor Leste. Keduanya berinisial Im dan S warga Boyolali, Jawa Tengah. Untuk barang buktinya diamankan di BNN pusat," katanya.

Bob yang memiliki istri WNI ini mengatakan, ia menjadi sindikat peredaran Internasional sabu hampir enam tahun. Upah sekali meloloskan barang sampai pada tangan konsumen pun ratusan juta.

Sementara itu, Kepala BNNP DIY Budiharso menambahkan, dari pemeriksaan sementara diketahui jika pelaku akan mengedarkan ke beberapa Lapas. Lalu, untuk dugaan pelaku mengirim ke Lapas Narkotika Pakem, Sleman, pihaknya masih mendalaminya. (AY)

.

Categories:Nasional,
Tags:nasional,