Jabar dan Jatim Jadi Acuan Provinsi Terbaik Sanitasi

Jabar dan Jatim Jadi Acuan Provinsi Terbaik Sanitasi

Gubernur Jawa Timur saat menjadi pembicara di acara Provinsi Peduli Sanitasi. (Foto : ADE)

Bandung – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan dan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menjadi pembicara di acara Provinsi Peduli Sanitasi yang diadakan oleh AKKOPSI di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Dipononegoro No. 22, Kota Bandung. Ke dua gubernur ini terpilih menjadi pembicara karena Provinsi Jawa Barat dan Jawa Timur termasuk provinsi terbaik di Indonesia dalam penanganan masalah sanitasi.
 
Dalam acara ini Gubernur Jawa Timur, Soekarwo lebih menekankan masalah sanitasi kepada prilaku atau kebiasaan masyarakat di daerah saat BAB (Buang Air Besar) dan mandi.
 
“Masyarakat di daerah pedesaan di Jawa Timur terbilang masih banyak yang sering BAB dan mandi di sungai, ini sangat sulit di ubah prilakunya padahal sudah di sediakan WC umum oleh pemerintah. Mereka lebih senang buang hajat besar di sungai di banding di WC karena sudah jadi kebiasaan, begitu juga dengan mandi, padahal sudah ada MCK,” papar Soekarwo dalam acara Forum Advokasi dan Horizontal Learning/AHL AKKOPSI Bersama Provinsi Peduli Sanitasi di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22 Kota Bandung, Rabu (25/03/2015).
 
Sementara, Ahmad Heryawan mengatakan, masalah sanitasi itu perlu terus diperbaiki guna meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas air dari hulu ke hilir.
 
“Sanitasi itu menyangkut jamban, air bersih, udara bersih, dan sampah. Jadi jika masyarakat sudah terbiasa hidup bersih dan sehat maka pembuangan sampah dan tinja ke sungai pun akan menurun, kualitas air sungai sangat ditentukan oleh limbah rumah tangga, limbah industri, dan sampah,” kata Aher panggilan akrab Ahmad Heryawan.
 
Acara ini dihadiri oleh berbagai Bupati, Walikota dan Gubernur yang tergabung di AKKOPSI, seperti Walikota Bandung, Wakil Walikota Cimahi, Sekda NTB, dan Bupati/Walikota dari Kalimantan dan Sulawesi. Acara ditutup dengan pembacaan deklarasi dan penandatanganan kerjasama provinsi peduli sanitasi.(Ode)**
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,