Sosialisasi MCK Bisa Lewat Para Siswa

Sosialisasi MCK Bisa Lewat Para Siswa

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung – Guna memberikan pendidikan kepada masyarakat perihal gaya hidup bersih dan sehat, Pemprov Jawa Barat melakukan berbagai cara salah satunya yaitu dengan memperbaiki fasilitas sanitasi seperti MCK (Mandi Cuci Kakus) atau jamban, saluran air bersih, dan tempat pembuangan sampah. Selain masalah fasilitas, masalah prilaku pun sangat penting untuk memperbaiki persoalan sanitasi.
 
Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, perbaikan persoalan sanitasi di masyarakat ke depan bisa dilakukan melalui edukasi. Dengan memanfaatkan 9,2 juta murid di Jawa Barat mereka bisa mensosialisasikan pentingnya sanitasi yang baik di lingkungan dan keluarganya.
 
“Para murid inilah yang nantinya akan menyebarkan virus prilaku hidup bersih dan sehat serta menerangkan seperti apa bentuk sanitasi yang baik dan layak demi kesehatan keluarga,” papar Ahmad Heryawan usai acara Forum Advokasi dan Horizontal Learning/AHL AKKOPSI Bersama Provinsi Peduli Sanitasi di Aula Barat Gedung Sate, Jl. Diponegoro No. 22 Kota Bandung, Rabu (25/03/2015).
 
Untuk mendukung pemahaman murid soal masalah sanitasi, pelajaran tambahan tentang sanitasi pun dirasa perlu diberikan. Dengan pelajaran ini seorang murid diharapkan bisa menjadi duta sanitasi di lingkungan dan keluarganya.
 
“Para murid perlu memahami permasalahan sanitasi yang baik, supaya mereka bisa menerangkan dan menjadi duta sanitasi di lingkungan dan keluarganya,” cetus Aher sapaan akrab Ahmad Heryawan.
 
Selain melalui bidang pendidikan sosialisasi masalah sanitasi juga akan efektif dilakukan lewat gerakan perempuan.
 
“Gerakan perempuan itu sangat aktif dan lebih tahu bagaimana cara membangun sanitasi yang baik di masyarakat. Perempuan punya kelebihan mengatasi masalah sanitasi di banding kaum pria karena perempuan saat pergi ke toilet pasti lebih sulit dan ribet di banding pria, di Jawa Timur banyak aktifis dan gerakan perempuan yang peduli persoalan sanitasi di masyarakat,” pungkas Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.(Ode)**
.

Categories:Pendidikan,
Tags:,