daerah - Wagub Geram Lihat Perusahaan Penambang Pasir Besi

daerah - Wagub Geram Lihat Perusahaan Penambang Pasir Besi

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cianjur - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar geram saat melihat perusahaan tambang pasir besi yang sudah diperkarakan secara hukum, yakni PT CKM masih tetap melakukan aktivitas penambangan pasir besi Kampung Tegallega, Desa Telagasari, Kecamatan Sindang Barang, Kabupaten Cianjur.

"Ini namanya perusahaannya PT CKM, dia sudah disidik dan masuk ke pengadilan. Tapi ternyata di sini masih ada kegiatan. Ini bukan bandel lagi, tapi super bandel, ngeyel," kata Deddy Mizwar, saat melakukan sidak di kawasan Pantai Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu.

Ia menyatakan akan segera menghubungi aparat kepolisian setempat untuk menanyakan mengapa perusahaan tambang pasir besi yang bermasalah secara hukum masih tetap bisa beroperasi.

"Ini kan ada diitempat yang dinyatakan bermasalah, muncul lagi kegiatan, yang jelas ini harus diusut lagi. Saya akan nelpon Kapolsek (Cianjur)," kata dia.

Pihaknya menyatakan akaan terus mengawasi dan mengecek lokasi tersebut sampai tidak ada lagi dari aktivitas tambang pasir ilegal.

"Terlebih kan sekarang sudah ada Satgas Hukum Terpadu Lingkungan yang terus bekerja," kata dia.

Dikatakan dia, aktivitas tambang pasir ilegal di lokasi tersebut sangat merugika masyarakat seperti merusak jalan setempat.

"Karena penarikan pasir besi ini kadang melebihi tonase. Apalagi warga setempat pun keberatan karena lahan mereka terpakai. Aparat hukum masa nggak tahu, kan aneh di lokasi sama dengan kegiatan serupa kok tidak tahu," kata dia.

Aktivitas penambangan pasir besir di Jawa Barat, kata dia, harus memiliki izin resmi dan harus memperhatikan kelestarian lingkungan.

"Karena kalau mereka mau narik pasir besir dari sini maka mereka membuat pelabuhan sendiri agar tidak merusak ruang publik dan merugikan masyarakat sekitar," kata dia.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat setempat, Hudaya mengatakan warga telah melayangkan protes dan meminta penambang untuk memindahkan tumpukan pasir besinya yang ada di bibir pantai tersebut.

"Kami di sini keberatan dengan adanya aktivitas pasir besi. Dan ini kata Pak Dadang (pemilik) akan segera dipindahkan," ujar Hudaya kepada Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:,