Sungai di Cimahi Tercemar Limbah Pabrik

Sungai di Cimahi Tercemar Limbah Pabrik

Ilustrasi.(Foto:Net)

Cimahi - Komisi III DPRD Kota Cimahi melakukan inpeksi mendadak dan menemukan aliran sungai di Cimahi tercemar limbah cair yang dibuang langsung oleh pabrik di kota itu.


"Kami menemukan sejumlah pabrik yang membuang limbah cair langsung ke sungai, akibatnya sungai tercemar," kata Anggota Komisi III DPRD Kota Cimahi Barkah Setiawan kepada wartawan di Cimahi, Rabu (25/3/2015).

Ia menuturkan, anggota Komisi III DPRD Kota Cimahi melakukan inpeksi mendadak bebeapa hari lalu dan menemukan sungai yang terlihat sudah tercemari limbah pabrik.

Pembuangan limbah ke sungai itu, kata dia, telah melanggar aturan, dan merusak lingkungan hidup seperti membunuh makhluk hidup yang habitatnya di sungai.

"Coba saja kalau dini hari lihat sungai, warnanya macam-macam karena limbah pabrik," katanya.

Persoalan limbah pabrik itu, kata dia, akan menjadi bahan kajian dalam menentukan kebijakan Pemerintah Kota Cimahi untuk mengatasi limbah pabrik.

Menurut dia, pemerintah sudah saatnya merencanakan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) terpadu karena Kota Cimahi merupakan kawasan industri yang rentan dengan pencemaran lingkungan.

"Dengan adanya IPAL terpadu nanti diharapkan pencemaran lingkungan oleh limbah cair bisa berkurang," katanya. (AY)
.

Categories:Bandung,