Sebelum Germanwings Jatuh Pilot Tinggalkan Kokpit

Sebelum Germanwings Jatuh Pilot Tinggalkan Kokpit

Germanwings Airbus 320.

Syne-Les-Alpes - Para penyelidik telah mengambil perekam suara kokpit dari salah satu kotak hitam Airbus A 320 dari maskapai Jerman Germanwings ,yang jatuh di Pegunungan Alpen dan menewaskan semua orang yang berada di dalamnya.

New York Times melaporkan, dari kotak hitam yang ditemukan itu didapat data bahwa salah seorang pilot meninggalkan ruang kemudi pesawat atau kokpit, dan tidak lagi kembali ke kokpit sampai pesawat itu jatuh.

"Pilot di luar kokpit itu mengetuk pelan-pelan pintu kokpit dan tidak ada jawaban (dari dalam kokpit)," kata seorang penyelidik kepada Times, mengutip rekaman kotak hitam itu. "Dia kemudian menggedor-gedor pintu kokpit dan tetap tidak ada jawaban. Tidak pernah ada jawaban."

"Anda bisa mendengar dia (pilot yang sedang berada di luar kokpit) berusaha mendobrak pintu," sambung penyelidik itu. Pengungkapan isi kotak hitam itu terjadi di tengah kunjungan Presiden Perancis Francois Hollande, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy ke lokasi jatuhnya Germanwings di daerah terpencil di Alpen, Perancis, demi menghormati 150 korban yang kebanyakan berkewarganegaraan Jerman dan Spanyol.

Namun, biro penyelidikan kecelakaan udara Prancis BEA mengatakan terlalu dini menyimpulkan penyebab jatuhnya pesawat yang dioperasikan oleh anak perusahaan maskapai Jerman Lufthansa itu.
"Kami baru bisa mengekstrak fail data audio yang dapat digunakan," kata Direktur BEA Remi Jouty dalam jumpa pers di Paris. "Kami belum bisa mempelajari dan memastikan waktu untuk semua suara dan kata yang terdengar dalam fail data ini."

Jouty memperkirakan, dalam beberapa hari ke depan bisa menganalisisnya. Namun mengingatkan pembacaan data kotak hitam itu bisa saja salah, sehingga perlu kerja lebih keras lagi untuk menghadirkan interpretasi lengkap mengenai penyebab jatuhnya pesawat.

Kendati dia mengungkapkan beberapa "kalimat" terdengar dalam kotak hitam itu, Jouty tak bisa memastikan apakah itu berarti kedua pilot Germanwings dalam keadaan sadar. Suara audio menunjukkan ada suara pilot "lembut sekali, dingin sekali" pada awal pesawat itu terbang. Audio kokpit itu kemudian menunjukkan bukti bahwa salah seorang pilot meninggalkan ruang kemudi pesawat.

"Kami belum mengetahui alasan mengapa salah seorang pilot itu ke luar (kokpit)," lanjut sang penyelidik. "Namun yang pasti pada saat-saat terakhir penerbangan, pilot yang satunya lagi tengah sendirian (di kokpit) dan tidak membuka pintu (kokpit)."

Juru bicara Lufthansa mengaku prihatin atas berita The Times itu dengan berkata, "Kami tak punya informasi dari pihak berwenang yang membenarkan laporan ini dan kami berusaha mencari lebih banyak lagi informasi. Kami tidak akan ikut-ikutan dalam spekulasi penyebab jatuhnya pesawat."

Dia mengatakan, sejak Serangan 11 September 2001, pintu kokpit pesawat mana pun tidak bisa lagi dibuka dari luar. Menteri Dalam Negeri Perancis Bernard Cazeneuve sendiri sejak awal sudah mengesampingkan teori serangan teroris dalam jatuhnya Germanwings. Namun Jouty menyatakan akan mempertimbangkan semua teori mengenai penyebab jatuhnya pesawat. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,