Tiga Anggota ISIS Ditetapkan Jadi Tersangka

Tiga Anggota ISIS Ditetapkan Jadi Tersangka

Tiga Anggota ISIS Ditetapkan Jadi Tersangka.

Malang  - Tiga orang anggota Negara Islam Irak-Suriah (ISIS) yang ditangkap di tempat berbeda di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (25/3), yakni Abdul Hakim, Helmi Muhammad Alamudi dan Ahmad Junaedi, ditetapkan menjadi tersangka.

"Tiga tersangka yang saat ini masih diamankan di Markas Brimob Ampeldento, Kabupaten Malang ini merupakan jaringan Salim Mubarok Atamimi alias Abu Jandal. Dan, ketiganya memiliki peran masing-masing yang cukup penting dalam jaringan ISIS," tegas Kapolda Jatim, Irjen Polisi Anas Yusuf di Mapolres Kota Malang, Kamis (26/3/2015).

Kapolda menjelaskan tersangka Abdul Hakim pernah ke Suriah pada Agustus 2014 selama enam bulan untuk latihan militer, Helmi Muhammad Alamudi bertugas sebagai koordinator dan fasilitator bagi calon anggota ISIS yang akan berangkat ke Suriah.

Bahkan Helmi juga pernah tinggal di Suriah selama satu bulan untuk mempelajari situasi dan jalur masuk ke negara itu. Sedangkan Ahmad Junaedi, 2014 lalu juga ke Suriah untuk mengikuti "Camp Harairy" bersama Abu Jandal.

Ia mengatakan penangkapan terhadap tiga tersangka oleh tim Densus 88/Antiteror bersama Polda Jatim itu juga menyita barang bukti berupa handphone, KTP, SIM, STNK, CD yang berisi materi ajaran ISIS, serta barang bukti lainnya.

Lebih lanjut, Kapolda mengatakan masing-masing tersangka memiliki peran penting, ada yang merekrut, ada yang melatih, namun semua memang satu jaringan.

Ketiga orang yang ditangkap tersebut juga memiliki kaitan langsung dengan salah satu panglima ISIS asal Malang, yakni Abu Jandal, bahkan bisa dikatakan orang-orang ini merupakan hasil rekrutmen Abu Jandal.

Ketiga tersangka anggota ISIS yang ditangkap itu dijerat Undang-Undang (UU) Terorisme pasal 15 junto pasal 7a.

"Hari ini juga kami lakukan pemeriksaan di sejumlah lokasi di wilayah Kota Malang dan dalam proses pengembangan, namun tersangka masih tetap tiga orang, belum ada tersangka baru," tegasnya.

Ketiga anggota ISIS di Kota Malang tersebut ditangkap di lokasi yang berbeda, namun semua masih di wilayah Kota Malang. Abdul Hakim, ditangkap di depan sebuah kafe di kawasan Jalan Arif Margono, Helmi Muhammad Alamudi ditangkap di sekitar tempat tinggalnya di Karang Besuki dan Ahmad Junaedi ditangkap di rumahnya di Kelurahan Bumiayu, Kedungkandang.

Ahmad Juanedi juga merupakan orang kepercayaan Salim Mubarok Attamimi yang diyakini sebagai salah satu tokoh penting ISIS asal Indonesia, dan sempat membuat heboh dengan menyebarkan video menantang Panglima TNI lewat "YouTube".(Ode)**

.

Categories:Daerah,
Tags:isis,