Pengguna Internet Didominasi Remaja dan Wanita

Pengguna Internet Didominasi Remaja dan Wanita

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Berdasarkan hasil riset nasional yang dilakukan Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indones (APJII) dan Pusat Kajian Komunikasi Universtas Indonesia (UI), sebagian besar pengguna internet di Indonesia berada dalam rentang usia 18-25 tahun. Jumlah golongan pengguna muda usia ini bahkan hampir separo (49 persen), dari total jumlah pengguna internet mencapai 88,1 juta di tahun 2014. 

Menurut Ketua Umum APJII, Samuel A Pengerapan hal itu memperlihatkan segmen pengguna internet di Indonesia, adalah mereka yang termasuk ke dalam kategori digital natives. Dapat ditarik pengertian, digital natives adalah generasi yang lahir setelah tahun 1980-an, ketika internet memang mulai dipergunakan secara luas di masyarakat.

"Saat ini harga perangkat semakin murah, teknologinya juga semakin murah dan mudah didapat. Apalagi jumlah pengguna perangkat mobile terus bertumbuh pesat," kata Sammy, panggilan akrab Samuel saat konferensi pers di kantor pusat APJII Jakarta,  Kamis (26/3).

Lebih menarik lagi, sebuah fakta baru juga berhasil ditangkap oleh riset yang dilakukan oleh APJII dan PusKaKom UI ini. Di sektor gender, di tahun 2014 kemarin ternyata pengguna internet di Indonesia lebih didominasi oleh wanita. Tercatat pengguna wanita 51 persen dibandingkan dengan pria yang 'hanya' 49 persen.

Riset yang dilakukan oleh APJII dan PusKaKom UI itu melibatkan 2.000 koresponden dari 42 kota di seluruh wilayah Indonesia, baik urban dan rural. "Kami melakukan survei ke 7.000 orang secara acak. Namun kami pilih 2.000 responden utuk proses yang lebih mendalam," tambah Sammy. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:teknologi,

terkait

    Tidak ada artikel terkait