Cirebon Akan Dikembangkan Jadi Kota Metropolitan

Cirebon Akan Dikembangkan Jadi Kota Metropolitan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung – Pembangunan Cirebon di masa depan diharapkan bisa menjadi Metropolitan, seperti rencana pengembangan tiga Metropolitan Raya di Jawa Barat. Cirebon Raya bisa menjadi Metropolitan karena didukung sebagai daerah atau Kota Sejarah, Kota Budaya, Kota Pariwisata yang bisa berkembang menjadi daerah maju. Cirebon ke depan diharapkan bisa jadi kawasan yang memadukan unsur budaya, unsur keagamaan, dan unsur modern.

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan Cirebon Raya bisa menjadi daerah yang maju karena didukung beberapa faktor. “Cirebon ke depan harus menjadi wakil kemajuan kawasan di daerah utara bagian timur Jawa Barat. Seperti program perluasan Pelabuhan Cirebon, yang akan diperluas 12 kali lipat mulai tahun 2015,” kata Heryawan seusai pelantikan Walikota Cirebon di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (26/03/2015).

Masih kata Heryawan, perluasan pelabuhan di Cirebon akan melibatkan pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat. Pembangunannya pun akan dilakukan secara bertahap. “Pembangunan akan dilakukan bertahap. Tahun 2015 ini tahap awal, kita targetkan 2017 bisa selesai,” ungkapnya.

Perluasan pelabuhan Cirebon akan meningkatkan taraf pelabuhan menjadi pelabuhan nasional, yang bisa memuat kapal besar. Selain pelabuhan nasional hadirnya BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat), Kertajati di Kabupaten Majalengka bisa mendukung Cirebon Raya menjadi daerah Metropolitan seperti daerah lainnya di Jawa Barat. Pembangunan beberapa ruas tol baru pun bisa mendorong daerah Cirebon Raya menjadi Metropolitan Jawa Barat.

Metropolitan Cirebon Raya meliputi, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, dan Kabupaten Majalengka. Kota Cirebon termasuk sebagai pusat Metropolitan Cirebon Raya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,