Bandung Tuan Rumah Peringatan Anti-Korupsi 2015

Bandung Tuan Rumah Peringatan Anti-Korupsi 2015

Ilustrasi.(Foto:Net)

Bandung- Kedatangan tim KPK yang dipimpin oleh Guntur Kusmeiyano ke Balaikota Bandung, Kamis (26/3) menandakan, bahwa di tahun 2015 Bandung terpilih sebagai peringatan tuan rumah anti-korupsi Internasional.  Rapat yang diadakan secara terbuka di ruangan Command Center tersebut merencanakan berbagai program, terkait pencehagan korupsi.

Menurut Guntur, jauh sebelum ini telah diadakan perencanaan terkait program pencegahan korupsi, terdapat menu-menu  pencegahan korupsi. Terdiri atas koordinasi supervisi bidang pencegahan, pendidikan anti-korupsi, sosialisasi anti-korupsi, kampanye, perbaikan sistem program pengendalian gratifikasi, layanan publik dan sebagainya.

Dalam melaksanakan program itu, lanjutnya upaya kreatif akan dilibatkan pada semua subjek, tidak hanya pemerintah tapi juga masyarakat yang turut  berperan.  "Beberapa variable telah dilakukan Kota bandung, baik dari partisipasi warga , maupun  inovasi terhadap upaya pencegahan pemberantasan korupsi. Sehingga kita memilih Bandung sebagai tuan rumah dalam peringatan anti-korupsi di tahun 2015,” ujar Guntur saat ditemui usai rapat di ruangan Command Center Bandung.

Disebutkan, enam program akan dijalankan dan sudah disepakati antara pemerintah kota dengan KPK. Walikota pun tentu measa bangga dengan terpilihnya Bandung menjadi tuan rumah anti-korupsi. "Saya senang dengan terpilihnya Bandung sebagai tuan rumah peringatan anti-korupsi 2015,” ujar Emil.

Selain enam program yang sudah diberikan KPK, Ridwan Kamil juga memberikan program bantuan, misalnya membuat indeks  persepsi korupsi di setiap  kelurahan. Sehingga bisa dilihat mana kelurahan yang berintegritas mana yang kurang dengan cara melakukan penelitian ilmiah. (Jr.)**

 

.

Categories:Bandung,
Tags:kpk,