Puluhan Warga KBB Keracunan

Puluhan Warga KBB Keracunan

Ilustrasi.(Foto:Net)

Padalarang - Puluhan warga di Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), keracunan yang diduga setelah menyantap makanan di sebuah acara syukuran hingga harus mendapatkan penanganan medis di rumah sakit.

Camat Cikalong Wetan Bambang Supriyanto di Padalarang, Kamis (26/3/2015), mengatakan warga yang mengalami keracunan itu semuanya setelah menghadiri dan menyanyap makanan acara syukuran kandungan empat bulan warga Kampung Balepulang, Desa Cipada.

Beberapa jam setelah itu, kata dia, warga berdatangan ke Rumah Sakit dengan mengeluhkan sakit sama pusing dan mual-mual.

"Korban keracunan langsung dibawa ke Rumah Sakit hingga pukul 22.00 WIB, selanjutnya kami langsung koordinasi dengan Polsek untuk menangani korban," katanya.

Menurut Bambang, pemeriksaan secara kasat mata tidak terlihat ada ciri-ciri makanan sudah basi, namun pengakuan warga yang mengonsumsinya merasakan mual.

"Dari sampel makanan memang tidak terlihat ada ciri-ciri seperti makanan sudah basi," katanya.

Kepala UPTD Kesehatan Kecamatan Cikalong Wetan Asep Jayanudin mengatakan, sudah melakukan penanganan medis bagi para korban diduga keracunan makanan.

Para korban, kata dia, sudah diperbolehkan pulang, dan segala biaya pelayanan kesehatannya ditanggung pemerintah.

Pihaknya sudah mengambil sisa makanan yang disajikan dalam acara syukuran itu untuk diketahui penyebab keracaunan dengan uji laboratorium.

"Sejauh ini belum diketahui penyebab dari mana-mananya, biasanya satu mingguan baru ada hasilnya," katanya. (AY)

.

Categories:Daerah,
Tags:kesehatan,