Pendukung ISIS di Indonesia Sudah 2 Juta Orang

Pendukung ISIS di Indonesia Sudah 2 Juta Orang

Pendukung ISIS di Indonesia Sudah 2 Juta Orang

Jakarta - Pendukung Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) di Indonesia berkembang pesat. Pengamat terorisme, Al Chaidar memperkirakan, saat ini pendukung ISIS di Indonesia sudah mencapai 2 juta orang. Sekitar 500 orang di antaranya telah bertolak ke Suriah dan Irak ,untuk bergabung dengan pasukan ISIS.

"Seperti jaringan Ustad Afif ataupun Ustad Abu Fija. Jaringan ISIS di Indonesia ada 2, Poso dan Jawa," kata Al Chaidar, Jumat (27/3).
       
Apabila dibagi dalam dua kelompok, kata Al Chaidar jaringan itu terbagi dalam beberapa wilayah. Yakni, jaringan Abu Bakar Ba'asyir yakni meliputi Jawa, Sumatera dan Kalimantan serta jaringan Poso, Sulawesi dan Bima yang bersatu jadi satu jaringan besar.
      
"Jawa, Sumatera dan Kalimantan masih di bawah pengaruh Abu Bakar Ba'asyir. ISIS berkembang di Indonesia sejak tahun 2013. Mereka cepat berkembang karena membawa ideologi kafiri, ideologi yang mengkafirkan orang dan ideologi kalifah," tegas Al Chaidar.

Chaidar menambahkan, pendukung ISIS nekat meninggalkan Indonesia hanya karena sebuah niat, yaitu jihad. "Alasannya ingin berjihad dan masih terkait dengan jaringan lama," ujarnya. (Jr.)**
.

Categories:Nasional,
Tags:isis,