Bupati Sumedang Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

Bupati Sumedang Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin

Bupati Sumedang Ade Irawan Dijebloskan ke Lapas Sukamiskin, Bandung.(Foto:tribunnews)

Bandung - Bupati Sumedang Ade Irawan, hari ini langsung dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya.
Ade ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana perjalanan dinas DPRD Kota Cimahi tahun anggaran 2011 senilai Rp 1,7 miliar. Saat itu, Ade masih menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Cimahi periode 2009-2014.
 
Kasipenkum Kejati Jabar, Suparman mengatakan penahanan terhadap Bupati Sumedang telah ditetapkan berdasarkan surat perintah penahanan Kepala Kejati jabr No: Print-181/O.26Fd.1/03/2015 tanggal 27 Maret 2015. "Yang bersangkutan akan ditahan untuk jangka waktu 20 hari ke depan, terhitung mulai tanggal 27 Maret 2015 sampai 15 April 2015," kata Suparman, Jumat (28/3).
Menurutnya, ada beberapa pertimbangan pihaknya melakukan penahanan terhadap Bupati Sumedang. Selain alat bukti telah menguatkan dugaan korupsi, status Ade yang seorang kepala daerah juga dikhawatirkan akan memengaruhi keterangan para saksi ke depannya.
 
Ditemui sebelum penahanan, Ade mengaku sudah memprediksi penahanannya sejak awal bahwa dirinya ditetapkan sebagai tersangka. "Saya siap ditahan. Ini risiko jabatan, tidak masalah. Saya hormat sama Kejati Jabar dan saya ucapkan terima kasih kepada Kejati Jabar," katanya.
Dalam kasus tersebut penyidik Kejati Jabar menerapkan Pasal 2 (1), Pasal 3, Pasal 11, Pasal 12 Undang-Undang Nomor 31/1999, sebagaimana diubah dengan Undnag-Undang Nomor 20/ 2001 tentang tindak pidana korupsi. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:hukum,