BPLHD Jabar Prioritaskan Kurangi Dampak Gas Karbon

BPLHD Jabar Prioritaskan Kurangi Dampak Gas Karbon

Polusi Gas Karbon. (Foto: Net)

Bandung- Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jawa Barat menyebutkan, program pemeriksaan emisi gas buang menjadi salah satu prioritas untuk mengurangi dampak gas karbon khususnya di perkotaan.

"Pada musim kering seperti saat ini polusi di perkotaan khususnya meningkat signifikan, termasuk polusi kendaraan sehingga program pemeriksaan emisi gas buang kendaraan perlu ditingkatkan lagi," kata Kepala BPLHD Jabar, Anang Sudarna di Bandung, Jumat (10/10/20140.

Ia menyebutkan, polusi udara pada musim kemarau cukup kompleks selain dari debu jalanan juga dari kendaraan. Di sisi lain kondisi itu diperparah dengan polusi dari kendaraan yang jauh lebih berbahaya karena mengandung karbon.

"Meski sebagian besar kendaraan masih baru, namun tidak jaminan emisinya rendah. Tetap harus diperiksa, termasuk kendaraan yang sudah berusia lebih dari lima tahun. Perlu ada kesadaran dari pemilik kendaraan untuk memeriksa emisi gas buang kendaraannya," kata Anang.

Ia menyebutkan, kesadaran memeriksakan emisi gas buang kendaraan dari warga perkotaan di Jabar masih sangat rendah.

Di sisi lain infrastruktur dan perangkat alat pemeriksaan gas emisi itu juga perlu diperbanyak dan dilengkapi baik itu di Dinas Perhubungan maupun di bengkel-bengkel perawatan kendaraan.

"Kesadaran untuk menekan emisi gas buang kendaraan harus ditingkatkan lagi, terlebih jumlah kendaraan saat ini terus bertambah," katanya menambahkan. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:kesehatan,