Komunitas Filateli Gelar Pameran Prangko

Komunitas Filateli Gelar Pameran Prangko

Komunitas Filateli Gelar Pameran Prangko.

Bandung - Komunitas filateli Indonesia akan menggelar pameran prangko dan benda Pos dari 29 negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) pada peringatan KAA ke-60 yang akan digelar di Kantor Pos Besar Bandung, 20-24 April 2016.

"Rencananya pameran prangko dari 29 negara yang hadir pada KAA tahun 1955 di Bandung, kami juga menggandeng komunitas filateli di negara itu," kata Kepala Divisi Filateli Pos Indonesia Tata Sugiarta di Bandung, Jumat (27/3/2015).

Ia menyebutkan, kegiatan itu akan digelar bekerjasama dengan Filateli Indonesia dan sejumlah elemen terkait penggemar filateli dari dalam maupun luar negeri.

"Cukup sulit untuk mengumpulkan prangko dari 29 negara peserta KAA itu, namun kami akan berusaha. Hingga saat ini sudah terkumpul prangko dari 15 negara peserta," kata Tata.

Lebih lanjut, ia menyebutkan, pameran itu akan digelar di Kantor Pos Besar Bandung yang berlokasi sekitar 200 meter dari Gedung Merdeka yang menjadi bukti sejarah KAA.

Pameran itu terbuka untuk umum, dan panitia akan berupaya agar bisa dikunjungi oleh anggota kontingen yang berkunjung ke Bandung pada peringatan KAA ke-60 itu.

"Masyarakat bisa menyaksikan betapa prangko menjadi salah satu media untuk merekatkan persahabatan antarnegara. Kami juga akan menampilkan perangko edisi KAA 1955," katanya.

Ia menyebutkan, setiap momen besar di Indonesia selalu diabadikan dalam perangko, termasuk momen Proklamasi Kemerdekaan RI dan KAA.

"Masyarakat bisa menggali sejarah dari prangko, dan diharapkan pula bisa menggali sejarah dan kegiatan internasional dari prangko-prangko dari 29 negara yang dipamerkan," katanya.

Lebih lanjut, dia menyebutkan kegiatan itu juga akan merangkul sejumlah filatelis yang menyimpan perangko terkait KAA dan kegiatan lainnya yang menyangkut peristiwa kenegaraan yang terjadi di Indonesia maupun di sejumlah negara peserta KAA. (AY)

.

Categories:Bandung,