KBB Beri Bantuan Modal bagi Dua Ribu Janda

KBB Beri Bantuan Modal bagi Dua Ribu Janda

Ilustrasi.(Foto:Net)

Padalarang - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) Jawa Barat, memberikan bantuan modal usaha bagi dua ribu janda yang tergabung dalam program pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) di kota itu.

"Bantuan modal ini untuk meringankan para janda agar dapat melanjutkan usaha yang sudah dijalankan," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak KBB Nur Djulaeha kepada wartawan, Jumat (27/3/2015).

Ia menuturkan, bantuan modal bagi para janda itu dianggarkan dari APBD KBB 2015 sebesar Rp400 juta dibagi untuk 126 kelompok Pekka.

Setiap kelompok berjumlah lima sampai 10 orang dengan rata-rata per kelompok mendapatkan dana modal usaha sebesar Rp10 juta.

"Setiap kelompoknya mendapatkan modal sebesar Rp10 juta, dana itu diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mereka," katanya.

Selain dari Pemerintah KBB, kata dia, para anggota Pekka juga mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jabar sebesar Rp25 juta per kelompok.

"Tahun ini dari provinsi Rp25 juta per kelompok. Jadi kami harapkan bantuan itu dapat melanjutkan usahanya, dan yang belum punya usaha bisa membuka usaha," katanya.

Ia menambahkan, perempuan berstatus janda itu mulai dari usia 14 hingga 60 tahun yang memiliki tanggung jawab untuk menghidupi keluarganya.

Perempuan itu, lanjut dia, sebagian besar menjadi janda karena perceraian akibat faktor ekonomi.

"Kebanyakan menjadi janda karena faktor ekonomi, kalau dari masalah lainnya seperti perselingkuhan dan juga pernikahan dini," katanya. (AY)

.

Categories:Bandung,
Tags:ekonomi,