Unpad Gelar Narasi Seni Ganjar Kurnia

Unpad Gelar Narasi Seni Ganjar Kurnia

Rektor Unpad, Prof. Ganjar Kurnia.(Foto:unpad.ac.id)

Bandung - Universitas Padjadjaran (Unpad) melalui Program Pidangan Seni Budaya Rumawat Padjadjaran akan menggelar pidangan yang ke-77 dengan tema "Narasi Seni Ganjar Kurnia", Senin (30/3/2015).

"Pergelaran ini ini sebuah pertunjukan karya-karya besar Ganjar Kurnia dalam berbagai bentuk kemasan," kata Kepala Humas Unpad Soni A Nulhakim di Bandung, Jumat (27/3/2015).

Prof Dr Ganjar Kurnia DEA merupakan Rektor Unpad periode 2007-2015. Karya besar Ganjar yang akan dipentaskan adalah Oratorium, Gending Karesmen, Opera Sunda, Lagu, Syair keur Syiar, Sajak, Fiksi Mini dan HaikuKU.

Pementasan karya pria kelahiran Bandung 3 Januari 1956 itu dilakukan di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad Jalan Dipatiukur Kota Bandung, Senin (30/3) pukul 15.15 WIB hingga 17.00 WIB.

Ganjar Kurnia adalah seorang akademisi dan budayawan asal Bandung, Jawa Barat. Ganjar Kurnia merupakan guru besar sosiologi pertanian di Unpad. Sebelum kembali mengabdi di dunia pendidikan, dirinya sempat menjadi duta kebudayaan Indonesia di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Perancis.

Selama di Perancis, ia berkontribusi dalam mempromosikan kebudayaan Sunda, salah satunya angklung, bekerjasama dengan Saung Angklung Udjo, dan merupakan penggagas Program Pidangan Seni Budaya Rumawat di Universitas Padjadjaran.

Bagi Ganjar Kurnia seni tidak hanya sebatas ekspresi keindahan visual maupun audio, namun juga merupakan media pengungkapan pemikiran, rasa kritis dan pesan moral terhadap sebuah situasi yang terjadi, baik itu sosial, budaya, politik, hukum, kebijakan dan birokrasi/hierarki.

Seni Sunda sebagai media pengungkapan sebagian besar karya-karya Ganjar Kurnia, tidak hanya diperlakukan untuk dilestarikan, namun harus mampu menjadi media untuk mengungkapkan gagasan kekinian, hingga dapat dinikmati, disukai dan bermanfaat untuk generasi masa kini.

Para pendukung acara yang akan tampil adalah Neneng Dinar, Masyuning, Rosyanti, Ani Sukmawati, Rita Tila, Novi Aksmiranti, Tina Setarawati, Mutia Angansari, Ujang Supriatna, Tedi S. Diar, Ayi Kurnia Iskandar, Dika Dzikriawan, GJ. Setra, Gilang Angga Gumelar, PSM Unpad dan Teater Pamass Unpad. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,