Morata Bawa Spanyol Unggul atas Ukraina

Morata Bawa Spanyol Unggul atas Ukraina

Alvaro Morata

Seville- Penyerang Alvaro Morata menjustifikasi masuknya ia ke dalam tim nasional Spanyol dengan mencetak gol debut internasionalnya saat sang juara bertahan menang 1-0 atas tamunya Ukraina pada pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2016 Grup C pada Sabtu (28/3/2015) WIB.

Morata mengejar operan Koke pada menit ke-28 di Stadion Sanchez Pizjuan di Seville, dan tembakannya sempat mengenai seorang pemain bertahan sebelum melambung melewati kiper Ukraina Adriy Pyatov dan masuk ke dalam gawang.

Kemenangan ini membantu Spanyol tetap menekan pemuncak klasemen grup Slowakia, yang menang 3-0 saat menjamu Luksemburg dan kini mengkoleksi 15 angka dari lima pertandingan.

Spanyol, yang takluk 1-2 dari Slowakia pada Oktober, menduduki peringkat kedua dengan 12 angka, unggul tiga angka dari Ukraina.

"Ini merupakan pertandingan yang sulit, mereka sangat tangguh, sangat mengandalkan fisik," kata Morata, yang masuk timnas karena menggantikan Diego Costa yang cedera, saat diwawancarai televisi Spanyol.

"Itu bukan pertandingan terbaik saya namun sekarang saya perlu terus bekerja untuk mendapatkan kesempatan lain di tim," tambah penyerang Juventus, yang baru mencatatkan tiga penampilan bagi "La Roja." Spanyol menguasai permainan pada sebagian besar babak pertama, di mana Andres Iniesta, David Silva, dan Isco menjadi motor bagi serangan mereka.

Meski lebih banyak ditekan, Ukraina sempat merepotkan sang juara Eropa, dan gelandang Ruslan Rotan melepaskan sepakan yang melebar beberapa saat sebelum Morata mencetak gol.

Upaya Sergio Ramos dari tendangan bebas David Silva mengenai tiang gawang, dan kiper Spanyol Iker Casillas harus mewaspadai tendangan bebas Rotan pada masing-masing babak.

Spanyol kehilangan kendali permainan pada babak kedua ketika Ukraina menekan kuat untuk mencari gol penyama kedudukan, dan Rotan dua kali menguji Casillas dengan sepakan-sepakan kerasnya.

Pemain pengganti Spanyol Santi Cazorla nyaris mencetak gol kedua untuk tuan rumah tiga menit sebelum pertandingan usai, namun Pyatov masih mampu menepis bola.

Pertandingan selanjutnya bagi Spanyol, yang tidak terkalahkan pada 30 pertandingan kandang kompetitif sejak kalah 0-1 dari Yunani pada 2003, adalah pertandingan persahabatan melawan Belanda pada Selasa, suatu ulangan dari final Piala Dunia 2010. (AY)

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,