Program 'Gapura' Maksimalkan UMKM Gunakan Internet

Program 'Gapura' Maksimalkan UMKM Gunakan Internet

Ilustrasi.(Foto:Net)

Jakarta - Program 'Gapura' yang kini diselenggarakan Google Indonesia utamanya menyasar sedikitnya 2.500 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, yang belum memanfaatkan internet secara maksimal dalam mengembangkan usaha.
 
Program itu berupa berbagi pengetahuan dan pemanfaatan penggunaan internet untuk pengembangan usaha di antara para pelaku usaha kecil menangah dan mikro. Direncanakan kegiatan ini akan diadakan di lima kota besar di Indonesia, yakni di DKI Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar dan Makasar.
 
Head of Public Policy and Government Relations Google Indonesia Shinto Nugroho menjelaskan, merujuk kepada data riset dari Access Markets Internatioal (AMI) pada tahun 2013, tercatat ada 55,2 juta UMKM di Indonesia. Namun, hanya 75.000 UMKM yang memanfaatkan Internet.
 
"Padahal 4,6 juta pengguna Internet di Indonesia aktif melakukan transaksi belanja via dunia maya (e-commerce)," kata Shinto di gedung Smesco Jakarta Selatan pada "Seminar dan Workshop" yang diselenggarakan Google Indonesia, Sabtu (28/3/2015).
 
Diharapkan, lewat prakarsa Google di Indonesia melalui program Gapura diharapkan dapat menjadi peluang besar bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka. Sementara, pergeseran pola transaksi belanja di Indonesia sudah menunjukkan perkembangan signifikan.
 
''Hal itu merupakan alasan Google Indonesia  memprakarsai program Gapura, untuk bisa memanfaatkan momentum teknologi yang terus berkembang,'' katanya.
 
Sementara itu, di kalangan pengusaha sendiri terungkap, bahwa mereka mengaku tertarik untuk mengikuti seminar tersebut, karena ingin mengembangkan bisnis yang tengah mereka kelola. ''Saya tertarik, karena juga diundang pengen nambah pengetahuan, kebetulan bimbel saya belum ada semacam website gitu, paling nggauntuk menambah pengetahuan,'' kata peserta. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,