Robotic UPI Siap Menghentak

Robotic UPI Siap Menghentak

Robot Terbang Buatan Mahasiswa UPI. (Foto: Rangga)

Bandung – Sudah tidak diragukan lagi jika Bandung mendapat gelar sebagai kota kreatif. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya inovasi-inovasi yang dibuat oleh orang Bandung. Bukan hanya dalam bidang seni dan budaya, tapi Bandung pun sudah menunjukan kreatifitasnya di bidang robotic.

Sebut saja Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang sudah cukup lama menggeluti bidang robotic melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)–nya. Tercatat sejak tahun 2006 mahasiswa-mahasiswa UPI sudah mulai mengikuti kontes robot baik kelas regional maupun kelas nasional.

“Tujuan awal hanya untuk kontes dan organisasi mahasiswa di bidang robotic. Tahun 2006 itu pertama kali kami membuat robot dengan tema industry, yang waktu itu kita ikutsertakan dalam kontes robot industri kelas nasional,” terang Noer Bani Yusuf mahasiswa Ilmu Komputer UPI.

“Prestasi yang berhasil kita raih selama ini antara lain untuk soccer robot juara 1 regional dan nasional, dan robot Hanoman raih juara 1 regional dan juara 4 nasional,” tambahnya.

Hingga saat ini tercatat sekitar 13 robot yang berhasil mereka buat. Bani berharap, untuk dapat mengikuti kompetisi kelas internasional. Namun sepertinya impian itu harus mereka tunda untuk saat ini karena Bani mengakui kendala-kendala yang masih mereka hadapi antara lain kesulitan mendapat bahan baku untuk pembuatan robot.

“Untuk bahan baku kita masi ambil dari luar, dan itu butuh waktu yang cukup lama buat kita mendapatkan bahannya, selain itu juga biayanya cukup besar. Saya berharap pemerintah mau lebih mensupport kita agar kreatifitas anak-anak muda Bandung enggak mati cuma gara-gara keterbatasan dana,” tegas Bani.

Di kesempatan yang sama Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Daniel merasa bangga dengan hasil karya anak-anak UPI ini. Oded terlihat sangat terpukau saat melihat demonstrasi robot terbang yang di lakukan oleh UKM robotic UPI.

“Saya merasa bangga sama adik-adik kita dari UPI ini. Selain pintar, mereka juga sangat kreatif. Saya mau adik-adik dari UPI ini jangan segan kalau mereka menemukan kendala untuk langsung meminta bantuan pada kami,” ucapnya. (AY)

.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,

terkait

    Tidak ada artikel terkait