Pensil Kertas Kreativitas Anak Bandung

Pensil Kertas Kreativitas Anak Bandung

Pensil Kertas Kreativitas Anak Bandung. (Foto: Rangga)

Bandung - Bandung merupakan kota yang dikenal dengan kreativitasnya. Hal itu terbukti dengan ditunjuknya Kota Bandung sebagai salah satu kota kreatif di Asia Pasifik oleh British Council.

Tidak hanya terlihat dari berbagai industri kreatif yang berkembang, komunitas-komunitas di Kota Bandung juga turut membentuk imej Bandung sebagai kota kreatif. Salah satu komunitas yang berkontribusi di dunia kreatif Kota Bandung yaitu komunitas Pensil Kertas.

Pensil kertas merupakan komunitas yang mewadahi generasi muda di Kota Bandung, untuk mengasah kreatifitas dan mengolah karyanya. Pensil Kertas mencoba memperkenalkan hasil karya kreatif dari remaja Kota Bandung kepada masyarakat luas.

“Dari visi Bandung kota kreatif, kami membentuk komunitas Pensil Kertas,” ujar Irvan Lutfi, Humas Komunitas Pensil Kertas kepada Cikalnews.com baru-baru ini.

Pensil Kertas terbentuk dari sekelompok anak sekolah menengah kejuruan yang senang berkumpul. Berlatar belakang SMKN 14 Bandung yang memiliki konsentrasi di bidang seni rupa, Irvan dan kawan-kawannya membentuk komunitas Pensil Terbang pada tahun 2007, tahun 2009 Pensil Terbang berubah nama menjadi Pensil Kertas dengan filosofi pensil dan kertas merupakan alat dasar untuk menggambar meskipun teknologi terus berkembang.

Pensil Kertas memiliki tujuan menjadikan Bandung sebagai kota desain. Kreativitas dapat digunakan generasi muda saat ini untuk memperindah dan mempercantik Kota Bandung. Komunitas yang anggotanya sekitar 200 orang ini memiliki fokus pada senirupa dua dan tiga dimensi, namun tidak menutup kemungkinan bidang seni yang lain.

Bermarkas di SMK Bina Insan Mulya, para anggota Pensil Kertas tidak hanya menggambar dan berkarya saja. Para anggota juga mendapatkan edukasi mengenai ilmu seni rupa dan ilmu lainnya. Pensil Kertas rutin menyelenggarakan pameran kecil di Car Free Day (CFD).

Berbagai kegiatan lokal hingga nasional pernah dilakukan Pensil Kertas. Pensil Kertas juga pernah memecahkan rekor komik strip 3D terbesar di dunia pada Juni 2012.

“Kreativitas itu penting untuk mengikuti perkembangan zaman. Kreatifitas harus memasuki segala aspek kehidupan. Untuk kehidupan yang berkualitas dan lebih baik maka jadilah kreatif.” ujarnya. (AY)

.

Categories:Gaya hidup,