Mufidah JK, Songket Jambi Paling Bagus di Indonesia

Mufidah JK, Songket Jambi Paling Bagus di Indonesia

Salah satu corak Songket Jambi.(Foto:Net)

Jambi  - Ibu Wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla, terkesan melihat Songket Jambi yang terpajang di gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi saat lawatannya ke Jambi, Sabtu (28/3/2015).

Menurut Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional itu, tenun Songket Jambi sangat susah dibuat, pemula akan menghabiskan waktu setahun untuk membuat satu kain songket. 

"Saya paling terkesan dengan Songket Jambi, Songket itu susah dibuat. Kalau orang yang baru belajar bisa setahun baru selesai, tapi yang sudah lancar paling lama hanya dua bulan," kata Mufidah.

Dia menilai, Songket Jambi paling bagus di Indonesia dan terbaik dibandingkan Singket dari Sumatera Barat. 

"Songket Jambi hampir sama dengan Palembang, tetapi Songket Palembang dibelakangnya agak kasar. Hasil tenun Songket Jambi memang bagus sekali, motifnya juga bagus sekali," ujarnya. 

Kunjungan Mufidah ke gedung Dekranasda merupakan salah satu rangkaian kegiatan kunjungan Kerja Wakil Presiden RI Jusuf Kalla ke Jambi untuk meresmikan jembatan Pedestrian dan menara Gentala Arasy.

Wapres dan istri tiba di Bandara Sultan Thaha Syaifudin Jambi pukul 09.00 Wib, Wapres disambut Gubernur Jambi beserta istri dan unsur Muspida Provinsi Jambi.

Sesuai jadwal, dari Bandara Wapres langsung menuju jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy, sementara Mufidah Jusuf Kalla langsung menuju gedung Deskranasda Jambi.

Pantauan di lapangan, pengawalan di sekitar gedung Dekranasda super ketat, TNI dan Polri berpakaian lengkap terlihat berjaga di segala penjuru. Selain itu petugas pengamanan yang memakai baju batik juga banyak terlihat di luar dan dalam gedung.

Setibanya di gedung Dekranasda, Mufidah disambut kompangan asal Kota Jambi yang sudah menunggu sejak pukul 07.00 Wib. Ibu Wapres juga disambut hangat para istri bupati/walikota se-Provinsi Jambi.

Ketua Umum Dekranas ini langsung mengunjungi semua stand kabupaten/kota di Jambi didampingi istri Gubernur Jambi, Yusniana Hasan Basri.(Ode)**

.

Categories:Fesyen,
Tags:fesyen,